Vaksin Rendah, Petugas Diminta Jemput Bola

Vaksin Rendah, Petugas Diminta Jemput Bola

BINTUHAN - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kabupaten Kaur masih terbilang rendah dan baru sekitar 27 persen atau jauh di bawah rata-rata nasional. Menyikapi hal ini, Wakil Bupati (Wabup) Kaur Herlian Muchrim, ST meminta kepada petugas kesehatan dan Kades agar melakukan jemput bola bagi warga lansia yang belum mendapat vaksin.

“Saya meminta petugas Puskemas agar percepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sebab dari data yang ada Kaur masih rendah capaiannya,” kata Wabup saat menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) pencapaian vaksinasi bersama Dinkes Provinsi dan gugus Covid-19 Kabupaten di aula lantai tiga Pemda Kaur, Senin (25/10).

Dikatakan Wabup, untuk target pencapaian vaksinasi 70 persen. Ia telah memerintahkan semua Puskesmas untuk aktif jemput bola di rumah-rumah warga lansia. Juga ia meminta melakukan kordinasi dengan seluruh camat untuk meningkatkan capaian vaksinasi bagi lansia.

Wabup meminta para camat berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah masing-masing. “Mengingat temuan kita di desa Suka Jaya kemarin bukan kesalahan masyarakat yang tidak mau vaksin, nah ini kesalahan Pukemas yang tidak proaktif. Makanya melalui pertemuan ini kita minta petugas kesehatan agar melakukan layanan jemput bola untuk warga yang belum divaksin,” terang Wabup.

Ditambahkannya, dimana alah satu faktor penyebab serapan vaksinasi rendah ialah karena masih adanya keraguan, kekhawatiran, bahkan ketakutan di tengah masyarakat mengenai vaksin covid-19. Padahal, pemberian vaksin covid-19 memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan covid-19, serta mencegah mutasi baru dari Covid-19.

“Juga saya minta kepada ASN yang belum divaksin agar segera divaksin dan harus menjadi contoh dimasyarakat, karena banyak ASN ini masih ragu soal vaksin ini padahal ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni yang hadir dalam rakor tersebut juga menyampaikan, pihaknya telah berupaya untuk menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 diwilayah Provinsi Bengkulu, salah satunya dengan melakukan vaksinasi massal di beberapa wilayah.

“Kita minta masyarakat dan semua pihak agar mensukseskan vaksinasi massal yang akan kita gelar bersama Pemkab Kaur besok (hari ini), dimana kita target 2 ribu warga kita vaksin. Saya berharap dengan kegiatan vaksinasi massal ini pencapaian vaksin di Kaur meningkat,” ungkapnya.(jul)

Sumber: