Gandeng Wali Kelas Dorong Kedisiplinan Pelajar

Gandeng Wali Kelas Dorong Kedisiplinan Pelajar

KOTA MANNA - Upaya untuk meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 bagi peserta didik terus digencarkan oleh pihak sekolah. Salah satunya melakukan kerjasama dengan pihak orang tua (ortu) siswa. Kerjasama yang dibentuk melalui musyawarah agar setiap orang tua selalu mengingatkan penggunaan masker kepada anaknya saat berangkat ke sekolah.

Contohnya yang dilakukan oleh SDN 2 BS yang beralamat di Jalan Padang Sialang Kecamatan Kota Manna. “Siswa mulai beradaptasi dengan penerapan prokes yang wajib dilakukan selama KBM berlangsung. Hal itu terlihat dari contoh kecilnya yakni penggunaan masker. Memang, kami telah berkoordinasi dengan orang tua siswa untuk mendukung program ini sebelumya,” ujar Kepala SDN 2 BS, Gustin Ernawati, S.Pd.

Dijelaskannya, pihak sekolah tidak ingin tanggung dalam menerapkan aturan prokes, bagi siswa yang tidak memiliki masker saat masuk ke lingkungan sekolah maka disuruh pulang atau diberikan masker oleh pihak sekolah. Selain itu, semua siswa juga diarahkan untuk rutin mencuci tangan pakai sabun.

“Setiap orang tua yang mengantar anaknya selalu kami ingatkan untuk mendukung kami (sekolah) mewujudkan siswa yang taat prokes. Memang efeknya tidak langsung jadi, tapi perlahan-lahan itu bisa terealisasi,” sambung Gustin.

Alasan pihak sekolah lebih memperketat penerapan prokes tersebut karena khawatir angka penularan covid-19 kian bertambah, yang pada akhirnya KBM kembali dilaksanakan dalam jaringan (daring). Sedangkan KBM daring sendiri dinilai masih jauh dari efektif lantaran banyak sarana dan fasilitas yang belum tercukupi.

“Meskipun KBM saat ini belum terlalu maksimal, setidaknya kami bisa memberikan pendidikan karakter kepada siswa. Maka itulah, upaya kedisiplinan prokes selalu dimaksimalkan,” pungkas Gustin. (rzn)

Sumber: