DLHK Usul Motor Roda Tiga

DLHK Usul Motor Roda Tiga

BENGKULU SELATAN - Untuk memaksimalkan kinerja petugas kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan (BS) berupaya menambah armada angkutan sampah. Namun karena keterbatasan anggaran daerah, DLHK BS mengajukan usulan bantuan ke pemerintah pusat. Salah satunya usulan armada motor roda tiga.

“Pemkab Bengkulu Selatan akan terus berupaya menambah armada. Baik melalui anggaran daerah dengan dukungan dewan, maupun dengan cara mengajukan usulan ke pemerintah pusat. Seperti meminta tambahan usulan motor roda tiga yang sudah diajukan,” ungkap Wabup BS, H. Rifai Tajuddin.

Terpisah, Kepala DLHK BS, Jonior Hafis MP, membenarkan minimnya armada yang ada membuat mereka mengajukan usulan kendaraan roda tiga. Dengan kendaraan tersebut diharapkan dapat menjangkau sampah rumah warga yang tidak terjangkau oleh kendaraan roda empat.

"Usul kendaraan pengangkut sampah roda tiga untuk memaksimalkan pengangkutan sampah dari tempat pembuangan sementara ke tempat pembuangan akhir," tegas Jonior Hafis. Dia mengaku proses pengangkutan sampah selama ini belum berjalan maksimal.

Hal itu lantaran DLHK BS hanya memiliki 8 unit armada dump truk. Itupun, hanya 6 unit yang dapat difungsikan, sisanya rusak berat dan butuh dana perawatan.

"Idealnya mobil pengangkut sampah ada 20 unit. Tetapi anggaran terbatas, namun persoalan kebersihan tetap tidak terlepas dari keterlibatan semua pihak untuk sama-sama menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya,” pungkas Jonior. (one)

Sumber: