Gelombang 22 Prakerja Dibuka, Ayoo Daftar

Gelombang 22 Prakerja Dibuka, Ayoo Daftar

BENGKULU SELATAN – Peserta yang gagal masuk dalam program kartu prakerja gelombang 21 jangan kecewa. Pasalnya, Kementerian Ketenagaakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI telah membuka kembali program kartu prakerja gelombang 22. Bahkan, kuota peserta yang bakal diterima tidak mengalami penurunan atau tetap mencapai 800 ribu orang.

“Calon peserta silahkan kunjungi laman www.prakerja.go.id dan masukkan berkas sesuai instruksinya,” ujar Kasi Pelatihan dan Produktifitas Disnaker Bengkulu Selatan (BS), Andi Dianata, M.Sos. Menurut Andi, setiap peserta yang gagal ikut seleksi sebelumnya diharapkan dapat mengupdate data diri terlebih dahulu.

Hal ini untuk pemutakhiran akun dan mempermudah proses verifikasi data diri. Proses update akun dapat dilakukan dengan cara membuka laman www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer, kemudian siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK peserta lalu masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar.

“Yang sudah mendaftar sebelumnya tinggal klik tombol ikuti gelombang 22, dan tidak perlu seleksi dari awal pemberkasan,” jelas Andi. Setelah nanti dinyatakan lolos, peserta akan memasuki tahapan selanjutnya yaitu pemilihan metode dan bidang pelatihan kerja yang dituju. Setelah didapat bidang yang diinginkan, peserta diminta mengikuti pelatihan kemudian diberikan dana bantuan secara non tunai melalui rekening masing-masing.

“Pendaftar program ini adalah masyarakat yang berumur diatas 18 tahun, tidak sedang bekerja, tidak menerima bantuan subsidi upah, ataupun program bantuan lainnya. Diluar ketentuan itu, silahkan mendaftar dan ikuti proses seleksinya,” demikian Andi. (rzn)

Sumber: