Perpustakaan Kembangkan Program Koleksi Digital

Perpustakaan Kembangkan Program Koleksi Digital

BENGKULU - Program koleksi digital yang dikembangkan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bertujuan meningkatkan pelayanan perpustakaan. Program ini telah disosialisasikan kepada masyarakat. Perpustakaan Bengkulu Kembangkan Program Koleksi Digital

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, M.Pd, mengatakan, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca oleh masyarakat. "Harapan kita agar minat baca dan wawasan meningkat dapat meningkat," kata Meri Sasdi.

Dikatakannya, ketika minat baca dan wawasan meningkat, secara otomatis berdampak terhadap peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM). Program ini juga dapat memotivasi para pustakawan untuk meningkatkan kompetensinya. "Denhan koleksi digital ini nasyarakat bisa membaca dimana saja, tidak harus diperpustakaan tapi bisa melalui smartphone-nya," kata Meri.

Pustakawan Madya Perpusnas, Yuli Maryani mengatakan, program koleksi digital ini tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang melanda saat ini. Sehingga masyarakat tidak bebas untuk mengunjungi perpustakaan. Karena ada pembatasan guna menghindari penyebaran pandemi.

Menurutnya, koleksi digital ini tetap bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat melalui aplikasi yang disiapkan untuk android. "Pembuatan program koleksi digital untuk memperkuat keinginan masyarakat mengakses jurnal dan buku koleksi perpustakaan," demikian Yuli. (cia)

Sumber: