Maksimalkan Layanan Perpusdes

Maksimalkan Layanan Perpusdes

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Guna memaksimalkan layanan dan fasilitisan perpustakaan desa (perpusdes), Kamis (28/10), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Bengkulu Selatan, menggelar pelatihan Sistem Pengembangan Perpustakaan (SPP) dan pemahaman Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), bagi tenaga khusus Perpusdes.

Kegiatan tersebut digelar di ruang pertemuan DKP BS dan diikuti oleh perwakilan desa dari delapan kecamatan di BS. Diantaranya Kecamatan Pino Raya, Pino, Ulu Manna, Pasar Manna, Bunga Mas, Air Nipis, Manna dan Kedurang Ilir. Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Minat Baca DKP BS, Amir Sofyan, M.Pd mengaku, adanya kegiatan itu guna meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Perpusdes. Baik penataan fasilitas perpus, operasi layanan virtual, pengembangan arsip dan pengelolaan tema buku bacaan.

“Saat ini, layanan perpustakaan desa adalah pusat pendidikan masyarakat. Dengan layanan tersebut, maka pemahaman masyarakat akan bertambah dan berpengaruh bagi kemajuan desa. Untuk itu, kami lakukan pembinaan dan pelatihan khusus bagi pengelola perpusdes,” ujarnya kepada Rasel kemarin (28/10).

Diteruskannya, di era digital saat ini, petugas perpusdes mau tidak mau harus cakap dan terampil dalam mengoperasikan perangkat komputer. Jika tidak, maka inovasi layanan perpusdes tidak akan terwujud. Padahal, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, hal utama yang wajib dibenahi adalah sektor pelayanan.

“Kami mengajak pengelola perpusdes, untuk berinovasi mengelola perpustakaan desa. Sehingga tampil menarik dan dikunjungi masyarakat. Fasilitas yang ada harus dimaksimalkan, terlebih perpustakaan desa yang telah dilengkapi internet dan komputer,” kata Amir.

Kedepan kegiatan itu akan terus digelar, bahkan pihak DKP BS berencana melakukan kunjungan langsung ke desa-desa. Hal itu guna memantau kemajuan layanan perpusdes, serta antusias masyarakat dalam membaca buku. “Akan ada program goes to desa, yakni kunjungan berbasis pembinaan layanan perpustakaan” pungkas Amir. (rzn)

Sumber: