Waspada Banjir, Warga Diminta Siaga

Waspada Banjir, Warga Diminta Siaga

RASELNEWS.COM, KAUR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan sejumlah wilayah Bengkulu masuk dalam kategori kewaspadaan banjir akibat hujan lebat. Menyikapi hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur meminta kepada warga agar meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem.

“Kita Kaur ini termasuk wilayah rawan bencana, untuk itu dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini kita himbau kepada warga agar meningkatkan kesiapsiagaan,”kata Bupati Kaur H Lismidianto, SH, MH melalui Kepala BPBD Kaur Ujang Syafiri S.Pd, Senin (1/11).

Dikatakannya, pihaknya juga telah melakukan pemetaan di zona rawan longsor dan aliran sungai rawan banjir hingga rawan genangan pun sudah dilakukan, seperti wilayah Kaur Selatan, Muara Sahung, Maje dan Luas. Untuk itu ia meminta masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar mulai mengantisipasi adanya potensi bencana yang dipicu faktor cuaca dan fenomena alam dengan meningkatan kesiapsiagaan.

“Disini yang paling penting masyarakat harus patuh dan waspada, apalagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, di sekitar daerah-daerah yang tergenang air,” terangnya.

Ditambahkannya, sebagai upaya antisipasi cuaca ekstrem, Pemerintah Kaur sebelumnya telah menggelar apel siaga bencana guna memastikan kesiapan personel dan peralatan dalam penanganan dampak cuaca, serta menyiapkan posko siaga bencana. Dimana ada beberapa gejala yang harus diketahui warga untuk mewaspadai terjadinya bencana seperti air sungai yang secara mendadak mengeruh, terjadinya retak pada tanah dan lainnya.

“Jika menemukan beberapa gejala ini maka diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan. Untuk warga yang bermukim dilereng bukit maupun bantaran sungai yang rawan banjir agar selalu siaga,” tutupnya.(jul)

Sumber: