Realisasi DAK Pendidikan 2022 Dipercepat

Realisasi DAK Pendidikan 2022 Dipercepat

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS, telah menyelesaikan daftar usulan sekolah yang bakal direhab tahun 2022 mendatang, menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang fisik pendidikan.

Pada usulan tersebut, jadwal pengerjaan proyek dipercepat dari tahun sebelumnya, yakni pada Mei mendatang. Ini bertujuan untuk mendukung pengerjaan proyek secara cepat dan tidak terlambat. Pasalnya, kegiatan proyek bakal dilaksanakan secara swakelola atau tidak lagi dipihakketigakan.

“Total 38 sekolah yang bakal direhab tahun depan. Rinciannya sebanyak enam lembaga TK, 25 SD dan tujuh SMP. Dengan nilai anggaran mencapai Rp 40 miliar,” ujar Kasubbag Perencanaan, Pelaporan dan Evaluasi (PPE) Dinas Dikbud BS, Yen September, S.Pd.I.

Diterangkan Yen, alasan pengerjaan proyek DAK pendidikan tahun depan kembali diambil alih oleh sekolah, yakni sesuai dengan arahan dan instruksi dari Kemendikbudristek RI. Sehingga, mau tidak mau, sekolah bersangkutan harus siap menjalankan proyek tersebut.

“Kalau tahun ini realisasinya dilakukan pihak ketiga, lantaran pandemic covid-19 dan stimulan pemerintah dan mendukung PEN (percepatan ekonomi nasional). Namun tahun depan kebijakannya kembali ke pihak sekolah,” papar Yen.

Apabila dibandingkan dengan nilai total proyek DAN pendidikan tahun ini, nominal anggaran DAK pendidikan tahun depan mengalami penurunan sebanyak Rp 3 miliar atau totalnya mencapai Rp 43 miliar dengan 42 paket pengerjaan. Penurunan tersebut juga dipengaruhi oleh jumlah total unit yang direhab serta adanya batasan jumlah usulan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Tahun ini ada batasan khusus usulan rehab gedung sekolah, maksimal Rp 40 miliar. Bahkan, tidak menutup kemungkinan anggaran usulan DAK BS bisa berkurang, namun demikian kami berharap itu tidak terjadi dan tetap pada nilai usulan sebelumnya,” pungkas Yen. (rzn)

Sumber: