Ini Ciri Kemasan Pupuk NPK Mutiara Asli

Ini Ciri Kemasan Pupuk NPK Mutiara Asli

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Diamankannya 25 ton pupuk NPK Mutiara yang diduga palsu, dari salah satu gudang di Dusun Selipi Desa Padang Serasan Kecamatan Pino Raya, Kamis (4/11), oleh aparat kepolisian dari Polsek Pino Raya Polres Bengkulu Selatan (BS), akhirnya memunculkan dugaan jika Kabupaten BS menjadi sasaran peredaran pupuk palsu.

Banyaknya barang bukti yang diamankan, juga memunculkan dugaan jika peminat pupuk NPK Mutiara di Kabupaten BS cukup banyak. Ditambah lagi harganya yang “miring” membuat pelaku semakin mudah dalam memasarkan pupuk NPK Mutiara palsu tersebut. BACA JUGA : Polisi Amankan 25 Ton Pupuk Mutiara Palsu

Diketahui, NPK Mutiara adalah salah satu jenis pupuk kimia yang digunakan para petani. Pupuk ini mengandung unsur nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) sebanyak 16 persen sehingga dinamakan pupuk NPK 16-16-16. Lalu bagaimana memastikan pupuk NPK Mutiara yang dibeli adalah asli atau palsu? Simak penjelasan berikut sebagaimana dilansir dari https://npkmutiara.com.

Kemasan Depan

Bagian depan kemasan NPK Mutiara 16-16-16 yang asli menggunakan logo burung PT Meroke Tetap Jaya, dan logo NPK Mutiara yang seperti butiran-butiran air berwarna biru. Dua logo tersebut tampak, baik dalam kemasan 1 Kg maupun 50 Kg.

Sementara yang NPK Mutiara 16-16-16 yang palsu, biasanya tidak ada logo burung PT Meroke Tetap Jaya. Hanya logo NPK Mutiara yang warna birunya bisa lebih cerah atau lebih gelap. Bisa juga, ada logo burung PT Meroke Tetap Jaya, namun tidak ada logo NPK Mutiara.

Kemasan Belakang

Kemasan karung belakang NPK Mutiara 16-16-16 yang asli, terdapat logo burung PT Meroke Tetap Jaya, dan disampingnya ada tulisan, "Diimpor dan Didistribusikan oleh PT MEROKE TETAP JAYA, Jl. M.H. Thamrin No. 67, 67-A, 67-B, Medan 20211".

Bagian belakang karung juga tercantum kandungan unsur hara, kode dan tanggal produksi, masa edar, No Pendaftaran KEMTAN, negara pembuat, NPB, dan berat bersih. Selain itu, ada imbauan cara penggunaan, seperti berikut: AWAS, menyebabkaan iritasi serius pada mata, gunakan pelindung mata, cuci tangan setelah kontak dengan produk, dan hubungi dokter bila gejala iritasi muncul.

Nah, beberapa karung NPK Mutiara 16-16-16 yang palsu tidak tercantum ciri-ciri seperti yang disebutkan.

Kemasan Samping Kiri dan Kanan

NPK Mutiara 16-16-16 yang asli, bagian kemasan samping kiri dan kanan terdapat tulisan Mutiara® 16-16-16. Produk yang palsu, biasanya tidak mencantumkan tulisan tersebut.

Disisi lain, salah seorang pedagang pupuk di Kabupaten BS yang namanya enggan dipulis mengaku, pupuk NPK Mutiara merupakan salah satu pupuk yang cukup mahal. Untuk kemasan 50 Kg dijual Rp630 ribu. “Yang kemasan ada juga. Per kilo dijual Rp15 ribu. Kemasannya sama dengan yang 50 kilo,” ujarnya singkat. Disinggung soal adanya pupuk NPK Mutiara palsu, ia enggan menjawab dengan alasan tidak tahu. "Nah kalau (pupuk Mutiara palsu), saya tidak tahu. Saya hanya menjual yang asli," singkatnya.

Sementara itu, untuk membedakan pupuk NPK Mutiara asli atau palsu bisa dilakukan dengan cara sederhana. Dikutip dari kanal YouTube Santa Karya TV, cukup menyediakan gelas, air bersih, dan pupuk asli dan diduga palsu.

Tuang air melebihi sedikit setengah volume gelas. Lalu masukkan pupuk ke gelas. Masukkan dua sampai tiga sendok makan pupuk ke gelas. Biarlah pupuk NPK terendam di dalam gelas berisi air selama beberapa menit.

Lalu aduk pupuk NPK sampai larut. Untuk pupuk NPK Mutiara asli, butiran granularnya akan larut bersama air tanpa sisa. Air pun menjadi biru pekat. Namun, untuk pupuk NPK 16-16-16 palsu, butiran granularnya tak larut merata dengan air. Butiran granular pupuk NPK palsu hanya akan berubah warna dari yang awalnya berwarna biru menjadi putih kemerahan. Hal ini membuktikan bahwa pupuk NPK palsu hanya menggunakan butiran granular pupuk lain yang diberi pewarna serupa dengan pupuk NPK palsu. (and/**)

Sumber: