Waka II MPR : Bengkulu Selatan Berpotensi Menjadi Lumbung Jagung Nasional

Waka II MPR : Bengkulu Selatan Berpotensi Menjadi Lumbung Jagung Nasional

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Waka II MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad, Rabu (10/11) menanam sekaligus memanen jagung di Desa Nanjungan Kecamatan Kedurang Ilir (KDI) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Ia mengikuti tanam dan panen raya jagung perdana.

Kedatangan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Indonesia Bersatu itu juga berkaitan dengan jabatannya sebagai Ketua Dewan Jagung Nasional. Apalagi komitmen Bupati BS, Gusnan Mulyadi dalam memajukan komoditas jagung di BS, berhasil menarik perhatian mantan Gubernur Provinsi Gorontalo itu.

Fadel Muhammad secara tegas menyebut rasa bangga melihat semangat Bupati-Wabup BS untuk memproduksi jagung di Bumi Sekundang Setungguan. Dirinya beserta pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian serta Dewan Jagung Nasional, akan memberikan dukungan sepenuhnya agar Kabupaten  BS menjadi lumbung nasional di masa mendatang.

"Kita harapkan bisa tanam jagung dengan lahan  luas lahan 15 ribu hektar lebih. Mudah-mudahan tahun depan saya akan hadir kembali di Bengkulu Selatan untuk panen jagung lagi," ujar Fadel Muhammad kepada awak media usai mengikuti panen raya, kemarin.

Fadel Muhammad mengakui BS berpotensi mengalahkan Gorontalo sebagai penghasil jagung terbesar. Apalagi BS didukung potensi tanah yang subur dan masih banyaknya peluang lahan yang bisa dimanfaatkan untuk perkebunan jagung.

"Terkait pupuk, harus kita berikan bantuan dari pusat. PT. Pusri harus menyediakan stok yang nanti akan kita bicarakan. Artinya tinggal kita dorong suksesnya perkembangan jagung ini, kita bina dikarenakan semangatnya sudah ada, semoga harga jualnya juga baik,” tegas Fadel.

Sementara itu, Bupati Gusnan Mulyadi berharap kedatangan Waka II MPR RI ini dapat mendukung kemajuan pertanian di BS.

"Terima kasih kepada pak Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. Kami atas nama masyarakat Bengkulu Selatan dan pemerintah daerah, sangat berterima kasih atas kedatangannya. Mudah-mudahan ini akan membawa manfaat baik kedepannya, khususnya komoditi jagung di Bengkulu Selatan,” ujar Bupati.

Selain Waka II MPR RI, kegiatan juga diikuti Wagub Bengkulu Rosjonsyah beserta unsur Forkominda BS. Selain melaksanakan tanam jagung perdana, juga dilaksanakan penyerahan bantuan peralatan pertanian dan bibit jagung kepada kelompok tani. (one)

Sumber: