Bunga Bangkai Mekar di Padang Guci Ulu

Bunga Bangkai Mekar di Padang Guci Ulu

RASELNEWS.COM, KAUR - Bunga bangkai atau dalam bahasa latinnya Amorphophallus Titanium, mekar di Desa Naga Rantai Kecamatan Padang Guci Hulu (Pagulu) Kabupaten Kaur.

Tanaman ini pertama ditemukan pemilik kebun di desa setempat sekitar 3 hari yang lalu. Hingga Jumat (19/11) masih mekar sempurna.

"Butuh sekitar 15 - 20 menit jalan kaki dari Desa Naga Rantai untuk menuju lokasi," ujar Noprianto dari Ranger Gunung Patah (RGP) yang berkunjung bersama rekan rekannya KPPL Padang Guci atau Pokdarwis Rafflesia.

Dikatakannya, tanaman ini biasanya akan mekar sempurna hingga 1-2 hari ke depan. Sehingga diperkirakan bila melakukan kunjungan besok maka dipastikan akan mulai layu.

Namun demikian bila menunggu satu dua hari lagi maka akan ada bunga lain yang saat ini juga akan mekar di sekitar lokasi. "Bagi rekan-rekan yang berniat berkunjung tidak ada larangan," tutupnya.

Tepisah Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kaur Jon Harimol, M.Si menuturkan, jika lokasi Kecamatan Padang Guci Hulu memang tak jarang ditumbuhi tanaman bunga langka mulai dari bunga bangkai hingga bunga raflesia.

"Belum lama ini bunga Raflesia juga mekar disana, kebetulan sudah ada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) kita berharap kelompok ini dapat terus memotivasi warga untuk dapat membantu melindungi tanaman tanaman langka, bagi yang ingin berkunjung bisa berkomunikasi dengan Pokdarwis," tutupnya. (jul)

Sumber: