L300 & Excavator Hanyut di Kuari Ulu Manna

L300 & Excavator Hanyut di Kuari Ulu Manna

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sungai Air Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) nyaris kembali menelan korban. Kamis (18/11) sekitar pukul 17.32 WIB, mobil Mitsubishi L300 Pic up milik Marta Asmadi Putra (43), warga Desa Merambung Kecamatan Ulu Manna, dan satu unit alat berat excavator terseret arus sungai.

Beruntung pemilik mobil berhasil menyelamatkan diri. Kronologis kejadian berawal ketika mobil tersebut masuk ke lokasi kuari di Desa Merambung dengan tujuan hendak mengambil material. Saat kendaraan sedang parkir di tepi sungai untuk mengisi muatan, tiba-tiba debit air sungai naik.

Pemilik mobil tak sempat mengendarai mobil ke lokasi aman. Sehingga mobil terseret arus yang besar. Badan mobil terseret sekitar 20 meter dari lokasi pertama mobil parkir. Akibat terseret arus sungai, mobil mengalami rusak parah.

Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Pino, Iptu Saryono membenarkan peristiwa tersebut. Sungai tiba-tiba meluap karena debit air yang besar di hulu. Sebab di wilayah Lahat Sumatera Selatan yang merupakan hulu sungai Air Manna hujan lebat, sehingga debit air naik drastis.

“Penyebab kecelakaan itu karena arus sungai naik tiba-tiba. Soalnya di hulu sungai hujan deras, jadi debit air bertambah. Karena air datang tiba-tiba, pemilik mobil tidak sempat menyelamatkan mobil, sehingga terseret arus,” ujar Kapolsek.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mobil L300 dan satu unit alat berat excavator yang ikut hanyut terseret arus sungai sudah dievakuasi, kemarin (19/11). “Mobil dan alat berat sudah dievakuasi,” ujar Kapolsek. (yoh)

Sumber: