Internet Lelet Hambat Pendaftaran PPPK

Internet Lelet Hambat Pendaftaran PPPK

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pengumuman dan pemilihan formasi pendaftaran seleksi kompetensi tahap II PPPK guru di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tahun 2021 telah berakhir Jumat (19/11). Semua calon peserta diharapkan sudah melakukan login dan melengkapi berkas tersebut.

Namun, dibalik proses pendaftaran dan pemilihan formasi tersebut, ternyata masih banyak kendala yang dihadapi oleh calon peserta seleksi berbasis CAT (computer assisted test) itu. Salah satunya faktor jaringan internet yang lelet, sehingga peserta harus mendaftar hingga larut malam.

“Secara khusus, belum ada laporan jumlah total peserta yang mendaftar seleksi tahap II PPPK guru dengan kami. Namun, yang kami terima di lapangan. Banyak calon peserta yang kesulitas mengakses laman pendaftaran, lantaran jaringan internet lelet,” ujar Kepala Cabdikdik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Diteruskannya, tak hanya lelet namun jaringan internet juga sempat terputus. Terutama untuk calon peserta yang berada di lokasi jauh dari tower BTS (base transceiver station) maupun lajur kabel internet. Sehingga, peserta harus menjangkau daerah yang lebih tinggi atau bergabung dengan calon peseta lain, yang lokasinya didukung dengan jaringan internet kuat.

“Namun, prediksi kami jumlah pendaftar di seleksi kompetensi tahap II ini meningkat dari tahap sebelumnya. Ini lantaran ada penambahan jumlah kategori peserta, yang berasal dari sekolah swasta maupun lulusan PPG dan tenaga honorer kategori dua,” kata Diazdado.

Sementara pengumuman daftar peserta, baru bisa dicek melalui link https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 2 Desember mendatang. Peserta yang dinyatakan lolos berkas administrasi, maka bisa mencetak kartu ujian dan melihat jadwal serta lokasi seleksi.

“Informasi tes dan tempat ujian itu bisa langsung diakses peserta. Namun demikian, nanti tetap akan kami dukung dengan penempelan papan informasi di lokasi tes,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: