Maaf, APBD Belum Mampu Danai Breakwater

Maaf, APBD Belum Mampu Danai Breakwater

RASELNEWS.COM, SELUMA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma Arben Muktiar,M.Si menyebut pembuatan breakwater di Desa Padang Bakung Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) membutuhkan anggaran Rp200 miliar lebih. Hal ini hasil kajian tim teknis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dengan kebutuhan sebesar itu, Arben mengaku pembangunan breakwater tidak mungkin menggunakan dana APBD Kabupaten Seluma. Untuk mensiasatinya, saat ini BPBD Seluma kembali mengusulkan ke BNPB. Sebelumnya, pada tahun 2019, Seluma sudah mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 12 miliar.

Hanya saja, anggaran itu belum bisa membangun breakwater di sepanjang garis pantai di Desa Padang Bakung Kecamatan SAM. "Sudah kami usulkan kembali kebutuhan anggaran pembangunan breakwater. Karena tidak mungkin dibangun menggunakan dana APBD," tegasnya.

Arben mengatakan kondisi rumah serta masyarakat di Desa Padang Bakung dan kondisi pantai sudah didokumentasikan. Hal itu sebagai bahan pendukung penyampaian usulan ke BNPB sehingga anggaran bisa dikucurkan. "Saat ini rumah masyarakat di Desa Padang Bakung dan sekitarnya terancam dari terjangan ombak dan banjir rob akibat luapan air laut sehingga harus segera ditanggulangi," pungkas Arben. (rwf)

Sumber: