Harga TBS Naik Rp 634 Perkilogramnya

Harga TBS Naik Rp 634 Perkilogramnya

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Harga TBS Naik Rp 634 Perkilogramnya. Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu menetapkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit untuk periode 25 November hingga 25 Desember sebesar Rp2.618/kg.

Harga ini naik Rp634/kg dari bulan Oktober lalu yang sebesar Rp1.984/kg di tingkat pabrik. Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Ir, Ricky Gunarwan mengatakan, harga di tingkat pasaran sudah lebih tinggi. Harga TBS Naik Rp 634 Perkilogramnya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan ini yakni naiknya harga pasar dunia. “Saat ini permintaan terhadap minyak kelapa sawit terus meningkat sedangkan persediaan TBS sedikit,” kata Ricky.

Ricky mengatakan, dengan terus naiknya harga TBS kelapa sawit menjadi berkah tersendiri bagi petani apalagi di tengah pandemi Covid–19. Kenaikan ini dapat membantu perekonomian masyarakat dari sektor perkebunan.

Meningkatnya harga TBS ini juga menyebabkan harga minyak goreng mengalami kenaikan. “Ya memang dengan kenaikan harga TBS ini harga minyak goreng juga naik,” ujar Ricky.

Salah seorang petani, Kusmanto mengatakan, dengan kenaikan harga TBS sangat membantu petani. Apalagi saat ini harga kebutuhan pokok juga terus meningkat. “Meskipun harga minyak goreng meningkat namun kita senang harga TBS meningkat. Mudah–mudahan harga TBS ini terus stabil,” pungkasnya. (cia).

Sumber: