Evaluasi Pejabat Dimulai Awal Desember

Evaluasi Pejabat Dimulai Awal Desember

RASELNEWS.COM, KAUR - Pasca terbentuknya tim Panitia Seleksi (Pansel) Uji Kompetensi Pejabat Eselon IIa beberapa waktu lalu, tim mulai melakukan evaluasi kinerja pejabat yang sudah menjabat dua tahun lebih. Hasil evaluasi nantinya akan menjadi dasar pelaksanaan perombakan birokrasi pada akhir 2021 atau awal 2022.

"Iya sudah terbentuk, pansel akan mulai kerja melakukan evaluasi," ujar Kepala BKDPSDM Kaur Arsal Adelin, M.Pd, kemarin. Disampaikannya, evaluasi kepada 20 pejabat eselon IIb, ditambah 134 pejabat eselon III dan ratusan pejabat eselon IV, akan melihat kemampuan pejabat menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) jabatan mereka.

Mulai dari pendidikan, keahlian hingga loyalitas dan etos kerja selama 2 tahun terakhir. "Nantinya hasilnya akan diajukan kepada bupati. Selanjutnya bupati yang memutuskan apakah akan dilakukan penggantian  dan penggeseran,” ungkap Arsal.

Sebelumnya, Bupati Kaur Lismidianto sempat mengaku akan menggelar perombakan sejumlah personel pejabat eselon II, III dan IV. Namun perombakan paling cepat digelar akhir Desember 2021. Bupati masih melakukan evaluasi terhadap pejabat yang sedang menjalankan tugas.

Meski secara administrasi Bupati sudah bisa melakukan mutasi kepada pejabat lingkungan Pemkab Kaur sejak 21 November 2021. Namun Lismidianto menginginkan laporan kinerja pejabat yang ada.

Sebab tidak menutup kemungkinan lebih 50 persen pejabat akan digeser. Bupati menginginkan peningkatan kinjerja birokrasi yang seimbang dengan visi-misi yang dijalankannya.

“Kepastian berapa pejabat yang akan dirombak, itu semua tergantung Bupati. Bisa saja dirombak sebagian besar, atau hanya segelintir saja, tergantung kinerja yang ditunjukkan para pejabat,” demikian Arsal. (jul)

Sumber: