Ekonomi Bengkulu Diprediksi Membaik

Ekonomi Bengkulu Diprediksi Membaik

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Ekonomi Bengkulu Diprediksi Membaik. Perekonomian Bengkulu pada tahun 2021 mengalami perbaikan mencapai 2,36 persen secara kumulatif. Triwulan 3 tahun 2021 atau secara tahunan mencapai 2,47 persen year on year (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Joni Marsius mengatakan, kondisi ini sejalan dengan perbaikan tingkat konsumsi masyarakat seiring turunnya dampak pandemi COVID-19. Selain itu kinerja ekspor yang menjadi motor utama penggerak ekonomi Provinsi Bengkulu terus meningkat. “Pemulihan konsumsi masyarakat seiring dengan perbaikan mobilitas masyarakaat seiring dengan terkendalinya kasus Covid – 19,” kata Joni.

Dikatakan Joni, stabilitas sistem keuangan juga terjaga pada level yang stabil. Di mana saat ini kredit perbankan di Bengkulu mencapai Rp 30,63 triliun dengan kualitas pembiayaan yang terkendali.

Meskipun demikian, kondisi ini masih perlu diwaspadai karena ketidakpastian ekonomi global pada masa pandemi Covid -19 masih berlangsung hingga saat ini. Hal itu mendatangkan sejumlah permasalahan, tantangan dan risiko yang perlu diwaspadai. Untuk itu perlu sinergi seluruh stake holder untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Bengkulu yang inklusif. “Perlu upaya bersama dalam menumbuhkan perekonomain begkulu termsuk meningkatkan kinerja TPID,” pungkasnya. (cia)

Sumber: