Disperkim Usulkan Kembali 70 Unit Rumah Layak Huni

Disperkim Usulkan Kembali 70 Unit Rumah Layak Huni

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi warga masyarakat Bengkulu Selatan (BS) yang belum memiliki rumah layak huni (RLH), tahun 2022, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) BS mengusulkan kembali 70 unit untuk bantuan RLH kepada Pemerintah Pusat melalui Dirjen Perumahan Kementrian PUPR.

Plt Kepala Dinas Perkim, Haroni, SP mengatakan, di tahun 2021, pihaknya mendapatkan bantuan untuk RLH untuk 70 Kepala Keluarga (KK), namun yang terealisasi hanya 68 KK. Hal ini karena beberapa sebab. Diantaranya tidak termasuk kriteria penerima.

"Untuk tahun 2021, kita khusus membantu masyarakat yang ada di Kecamatan Kota Manna. Kalau tahun 2022 kita usulkan tiga kecamatan termasuk Kecamatan Pasar Manna dan Manna," sebut Haroni.

Haroni menjelaskan, dari ratusan KK yang diusulkan, nantinya 70 unit bantuan ini akan dibagi seperti Kecamatan Kota Manna 23 unit, Pasar Manna 22 unit dan Kecamatan Manna 25 unit. Tetapi seperti yang terjadi di tahun 2021 tidak semuanya terealiasi dikarenakan katagori kelayakan menerima bantuan ataupun sengaja mengundurkan diri.

Sebelum pelaksanaannya nanti pihaknya akan melakukan verifikasi ulang untuk memvalidasi data penerima. Mulai dari masyarakat miskin, keadaan rumah. Hal ini agar nantinya penyaluran bantuan RLH tepat sasaran.

"Semoga dengan terus kita melakukan pengajuan bantuan rumah layak huni, perumahan kumuh di Bengkulu Selatan bisa teratasi sehingga angka kemiskinananpun bisa berkurang,” paparnya.

Untuk melakukan verifikasi, pihaknya juga akan mengkhususkan KK yang mendapatkan bantuan PKH. Sekaligus meminta keterangan miskin baik itu dari lurah ataupun Kades. Sebab pihaknya akan berpegang dari surat keterangan yang dikeluarkan.

Hanya saja, pihaknya tetap melakukan verifikasi faktual apakah masyarakat tersebut memang layak menerima atau tidak. (one)

Sumber: