Kebugaran ASN Diperiksa Lewat Aplikasi

Kebugaran ASN Diperiksa Lewat Aplikasi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS) terus melakukan pengecekan kebugaran ASN di OPD lingkungan Pemkab BS, Kantor Camat, maupun Puskesmas.

Pengecekan dengan metode reckport (jalan cepat atau jogging) dengan menempuh jarak 1,6 kilometer. Hal itu dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran ASN lingkungan Pemkab BS. Terlebih di masa pandemi Covid-19, salah satu upaya pencegahan dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Olahraga yang teratur dan terukur dinilai dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk selalu menjaga kebugaran. Kepala Dinkes BS, Siswanto M.Si, mengaku untuk mengukur tingkat kebugaran tubuh, Kemenkes RI telah meluncurkan sebuah aplikasi Pengukuran Kebugaran Jasmani Mandiri bernama SIPGAR yang dapat diakses langsung bagi pengguna smartphone android.

“Sekarang ini kami terus melakukan sosialisasi aplikasi SIPGAR dengan mendatangi OPD, jajaran kantor Camat, Puskesmas melakukan cek kebugaran ASN. Karena dengan melakukan pengengecekan kebugaran setiap orang, dengan tubuh bugar dipastikan selalu sehat,” kata Siswanto.

Disampaikan Siswanto, aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metode rockport atau metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1.600 meter atau 1,6 kilometer.

“Untuk pengukuran kebugaran jantung dan paru yang merupakan salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang. Untuk tahap awal ini sudah kami sosialisasikan di kalangan ASN lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan,” tegas Siswanto. (one)

Sumber: