Cuaca Ekstrem, Segera Jauhi Tempat Ini !

Cuaca Ekstrem, Segera Jauhi Tempat Ini !

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Belakangan ini, cuaca ekstrem berupa hujan seras disertai angin kencang dan petir terus melanda wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Untuk itu, masyarakat diminta agar meningkatkan kewaspadaan serta antisipasi dampak bencana alam. Apalagi wilayah BS sendiri merupakan lokasi yang rawan terjadi bencana alam, mulai dari banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya.

“Sudah beberapa hari ini wilayah BS terus diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Ini juga karena dampak La Nina.  Kami minta seluruh warga untuk lebih waspada. Terutama yang rumahnya di Daerah Aliran Sungai  (DAS). Selalu amati kondisi lingkungan sekitar, jika ada tanda bahaya maka segera menjauh,” imbau Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS, Yarusdi Yunir, S.Sos.

Teruntuk para nelayan yang masih beraktifitas di laut ataupun sungai, Yarusdi meminta agar lebih waspada. Kapan perlu, ketika cuaca buruk melanda. Aktifitas itu dihentikan terlebih dahulu, guna menjaga keselamatan jiwa nelayan.

“Bencana alam tidak bisa dideteksi secara khusus, namun langkah umum yang bisa dilakukan adalah waspada dan mencari perlindungan. Jika ada kejadian bencana alam, segera hubungi kami (BPBD),” katanya.

Namun, sebagai antisipasi terjadinya dampak bencana skala besar. Yarusdi mengaku pihaknya akan meningkatkan intensitas patroli di lapangan. Terutama untuk wilayah yang rawan terjadi bencana alam.

“Patroli terus dilakukan, tim akan memanatu kondisi lapangan dan merespon keluhan warga,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: