Audit DD Arang Sapat Rampung, Kelebihan Bayar Sangat Signifikan

Audit DD Arang Sapat Rampung, Kelebihan Bayar Sangat Signifikan

RASELNEWS.COM, SELUMA - Inspektur Daerah Kabupaten Seluma, Deddy Ramdhani, SE, M.SE, MA mengaku saat ini audit Dana Desa (DD) Arang Sapat Kecamatan Lubuk Sandi tahun 2020 sudah selesai. Artinya, pihaknya tinggal menyerahkan hasil audit tersebut ke penyidik Kejari Seluma.

"Audit DD Desa Arang Sapat sesuai permintaan penyidik. Ini setelah Pemdes tidak melakukan tutup buku pada akhir tahun anggaran 2020 dan tidak ada laporan lengkap penggunaan anggarannya. Dari hasil audit, dugaan kelebihan pembayarannya sangat signifikan," tegas Deddy.

Deddy menambahkan, saat ini auditor Inspektorat Seluma juga sedang melakukan audit regelur terhadap 32 desa di Kabupaten Seluma.

Desa-desa ini merupakan desa yang ada cukup jauh dan desa yang selama ini memang belum pernah diaudit. "Termasuk beberapa desa diantaranya diaudit atas laporan yang disampaikan ke Inspektorat," ungkapnya

Jika ditemukan pelanggaran, bila hal itu berupa kesalahan administrasi, maka akan diminta untuk segera memperbaikinya.

Sehingga realisasi penggunaan DD bisa lebih jelas. Tetapi jika kelebihan pembayaran maka akan diminta untuk segera mengembalikan ke kas daerah sampai batas waktu yang sudah ditetapkan.

Jika tidak juga dikembalikan, barulah akan diserahkan kepada aparat penegak hukum (APH).  Sebelumnya, Kajari Seluma, Wuriadhi Paramita, SH, M.Hum mengatakan setelah menahan kades Cawang atas kasus dugaan penyelewengan DD, pihaknya juga sedang menyelesaikan dugaan penyelewengan DD Arang Sapat. Namun saat ini masih menunggu audit dari Inspektorat Seluma. (rwf)

Sumber: