Desa Talang Padang Terima Bantuan Sumur Bor

Desa Talang Padang Terima Bantuan Sumur Bor

RASELNEWS.COMBENGKULU SELATAN – Harapan warga Desa Talang Padang Kecamatan Pino Raya untuk memiliki sumber air bersih, akhirnya menjadi kenyataan. Kesulitan air bersih yang sering melanda ketika kemarau dating, diharapkan dapat teratasi setelah dilakukan pembuatan sumur bor.

“Kami menerima bantuan sumur bor dari Dinas PUPR. Bantuan ini menjawab keluhan masyarakat atas krisis air bersih selama ini. Sumur bor ini langsung dilengkapi dengan tower penampungan dan pipa saluran ke rumah masyarat, dengan total jangkauan mencapai 250 KK (kepala keluarga),” ujar Kades Talang Padang, Sumantri, A.Md.

Bantuan sumur itu merupakan kali kedua diterima desa ini, terhitung 2019 lalu. Namun sebelumnya sumber air yang digunakan hanya mengandalkan sumur galian saja, sehinngga mata air tidak bisa mencukupi kebutuhan warga setempat.

“Untuk kedalamannya, sumur bor kali ini mencapai 86 meter dengan kapasitas lebih dari 10 ribu liter dalam satu tahap penyedotan. Mudah-mudahan sumur ini bermanfaat dan airnya tidak terputus,” sambung Sumantri.

Atas bantuan sumur bor tersebut, saat ini sudah dua buah sumur umum utama yang tersedia di Desa Talang Padang. Kedepan, fasilitas sumur kembali ditambah, mengingat kebutuhan air masyarakat sangatlah tinggi.

Desa Talang Padang yang memiliki geografis perbukitan menyebabkan sumur gali banyak kekeringan ketika musim panas tiba. “Kedepan akan kami usulkan kembali ke Dinas PUPR. Disamping itu, untuk tambahan fasilitas akan kami alokasikan melalui Dana Desa,” demikian Sumantri. (rzn)

Sumber: