Puluhan Kendaraan Dinas Dilelang, Minat ???

Puluhan Kendaraan Dinas Dilelang, Minat ???

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Upaya Pemkab Bengkulu Selatan (BS) melakukan penataan asset, khususnya kendaraan dinas yang selalu menjadi temuan BPK RI serta terkesan membebani keuangan daerah, terus dilakukan.

Pemkab BS dalam waktu dekat merencanakan penghapusan aset dengan pengajuan lelang. Rencananya pengajuan lelang kendaraan dinas (randis) tersebut mencapai puluhan unit. Meliputi 11 unit mobnas termasuk mobnas Toyota Land Cruiser yang menjadi kendaraan operasional Bupati BS, beberapa tahun lalu dan 13 unit sepeda motor dinas.

Taksiran total pendapatan daerah dari hasil lelang nanti diperkirakan mencapai Rp 667 juta. Rencananya pelaksanaan lelang ini paling lambat dijadwalkan Januari 2022 nanti, karena saat ini masih proses dan juga tergantung kesiapan panitia.

"Rencananya akhir tahun ini karena sejak Oktober sudah diajukan. Namun belum ada persetujuan,” ujar Kepala BPKAD BS, Lismanto Bayu SE melalui Kabid Aset, Syahriar, S.Sos.

Disampaikan Syahriar, kendaraan dinas yang akan dilelang nantinya terbuka untuk umum. Untuk pelaksanaan lelang, pihaknya sudah bekerja sama dengan panitia khusus KPKNL. Sehingga pada saat lelang nanti, sudah ada patokan atau dasar untuk penetapan nilai minimum harga lelang setiap satuan unit.

"Hasil penilain KPKNL dari total puluhan kendaraan yang akan dilelang mencapai Rp 677 juta. Mudah-mudahan nanti semua berhasil dilelang,” ungkap Syahriar. Disampaikan Syahriar, kendaraan dinas yang akan dilelang tersebut merupakan kendaraan dinas yang sudah tua, rerata berusia di atas 8 tahun lebih. Bahkan kondisinya sudah ada yang rusak berat, terutama untuk motor dinas.

Sebelum pelaksanaan lelang, pihaknya akan mengumumkan secara terbuka untuk publik. Dengan begitu warga yang memiliki persyaratan yang lengkap dapat mengikutinya.

Selain itu, peserta yang akan mengikuti lelang wajib melakukan setoran awal kepada panitia dengan nominal 50 persen dari harga standar hasil penghitungan KPKNL. "Untuk lelang pasti kami umumkan terbuka. Bagi yang berminat, silahkan bersiap-siap," pungkas Syahriar. (one)

Sumber: