Kalah 30 Suara, Sinarmin Merasa Dicurangi

Kalah 30 Suara, Sinarmin Merasa Dicurangi

RASELNEWS.COM, KAUR - Cakades nomor urut 2 Desa Beriang Tinggi Kecamatan Tanjung Kemuning, Kabupaten Kaur Sinarmin, merasa dicurangi. Akibatnya ia kalah 30 suara dari rivalnya nomor urut 1, Tambang B, yang memperoleh 428 suara. Panitia Pilkades heat to heat di desa itu dianggap mencuranginya sehingga ia kalah.

"Saya minta Pilkades ulang dan proses pelantikan ditunda. Saya dirugikan karna dicurangi," ujarnya saat menghubungi Rasel, Rabu (22/12/2021). Versi Sinarmin, ada dugaan upaya kecurangan terstruktur dan masif dalam Pilkades di desanya. Sehingga dirinya meminta Pilkades ulang dilakukan sesegera mungkin.

Terkait dengan protes ini dia mengaku sudah melayangkan ke Panitia Pilkades tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. "Saya ingin keadilan. Saya siap untuk Pilkades ulang," tambahnya.

Sementara itu Kabag Hukum Setda Kaur Dasrul Imran, SH, MH mengaku sudah mendapat infomasi adanya Cakades yang menggugat untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU). Diakuinya sesuai Perbub memang saat ini masih masuk masa sanggah dan hak Cakades untuk mengajukan gugatan bila memang merasa belum puas dengan hasil Pilkades 9 Desember lalu.

Tetapi, apakah gugatan ini diterima dan dipertimbangkan tentunya tergantung dari panitia Pilkades tingkat desa hingga Kabupaten. "Nanti bila gugatan ke panitia ini kurang puas, masih ada upaya hukum lain yang dapat ditempuh yakni mengajukan gugatan perdata di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bengkulu," pungkas Dasrul.

Sebagaimana diketahui, Sinarmin menduga ada kecurangan. Menurutnya, ada 28 pemilih yang sudah pindah domisili namun masih menggunakan hak pilih. Belum ditambah ada lima pemilih yang belum menetap lima bulan di desa itu namun sudah memberikan hak pilih.

Selain itu, ada 13 pemilih yang tidak masuk dalam DPT namun justru memberikan hak suara di desanya. Dia juga memprediksi pemilih-pemilih tersebut tidak memilihnya sehingga ia dirugikan. Belum lagi pengakuannya dia tidak menerima salinan DPT perbaikan, termasuk juga berita acara hasil penghitungan suara. (jul)

Sumber: