Peserta PPPK Boleh Perbarui Formasi

Peserta PPPK Boleh Perbarui Formasi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Peserta yang belum lolos seleksi kompetensi PPPK Guru, baik tahap satu maupun dua, mendapat kemudahan ketika mendaftar di seleksi tahap ketiga nantinya. Salah satunya, peserta boleh memperbarui pilihan formasi yang bakal dilamar dan jumlahnya masih terjadi kekosongan.

Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si. mengatakan kemudahan itu diberikan untuk memberikan kesempatan lolos untuk peserta yang telah beberapa kali ikut tes. “Peserta boleh perbarui formasi. Tetapi harus registrasi akun terlebih dahulu. Misalnya, dari tes sebelumnya memilih sekolah A, di seleksi selanjutnya bisa pilih sekolah B. Asalkan belum ada yang mendaftar,” ujarnya.

Menurut Diazdado, saat ini masih tersisa 240 formasi PPPK Guru yang dapat diperebutkan pada tes kompetensi tahap III nanti. Pasalnya dari 369 kuota PPPK guru, baru terisi 129 formasi setelah kegiatan seleksi tahap satu dan dua beberapa waktu lalu. “Artinya peserta yang belum lolos masih punya peluang untuk bisa menjadi ASN PPPK Guru. Tapi perlu diantisipasi juga karena di seleksi tahap tiga nanti bakal ada pendatang baru,” beber Diazdado.

Sementara untuk jadwal seleksi kompetensi PPPK tahap III, dia mengaku hingga kemarin (23/12) belum mendapatkan petunjuk teknis (juknis) dari Panselnas PPPK. Hanya saja, infromasi yang beredar, seleksi tersebut bakal dilakukan pada awal tahun 2022.

“Sudah pasti di tahun 2022, karena di tahun ini tidak mungkin lagi. Memang Panselnas belum mengeluarkan edaran terbaru perihal seleksi ketiga, karena masih fokus menyelesaikan rangkaian hasil seleksi tahap dua lalu,” kata Diazdado.

Di sela waktu yang tersedia ini, ia menyarankan agar calon peserta seleksi tahap III PPPK guru untuk fokus mempersiapkan diri agar kemampuan lebih maksimal. Peserta bisa mengikuti bimbel ataupun ikut kelas pelatihan penyelesaian kisi-kisi soal PPPK guru.

“Intinya di persiapan peserta. Kalau peserta antusias belajar dan inginnnya lulus, mudah-mudahan keinginan itu tercapai. Karena, pelaksanaan tes betul-betul murni dan sesuai dengan kadar kapasitas masing-masing peserta,” jelas Diazdado. (rzn)

Sumber: