Perangkat Desa Sukaraja Meradang , Ini Pemicunya

Perangkat Desa Sukaraja Meradang , Ini Pemicunya

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Perangkat Desa Sukaraja, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) meradang. Kemarahan "pembantu-pembantu" kades ini diluapkan dalam musyawarah desa (Musdes), yang digelar Ahad (26/12/2021) malam.

Usut punya usut, hal ini dipicu setelah usulan untuk mengevaluasi seluruh perangkat desa disetujui warga. Hal ini jelas membuat perangkat desa tidak terima. Mereka pun marah sehingga nyaris terjadi keributan di lokasi musdes.

Kades Sukaraja, Ibi Sudaryo saat dikonfirmasi Rasel membantah dirinya telah memberhentikan semua perangkat desa. Tidak ada keputusan tertulis atau perkataan lisan darinya soal pemberhentian perangkat desa. “Yang perlu saya tegaskan bahwa saya tidak memberhentikan perangkat desa,” tegas Kades.

Namun kades membenarkan bahwa dirinya menyampaikan usulan rencana uji kompetensi seluruh perangkat desa pada awal tahun 2022. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan seluruh perangkat desa agar lebih maksimal menjalankan tugas dalam pemerintahan.

“Warga setuju dilakukan evaluasi dan uji kompetensi seluruh perangkat desa. Itu keputusan bersama seluruh masyarakat dalam musyawarah, bukan usulan saya. Tujuan dilakukan evaluasi dan uji kompetensi supaya kemampuan perangkat desa bisa lebih baik,” ujar kades.

Dipaparkan Kades, berdasarkan SK pengangkatan masa pengabdian seluruh perangkat desa di Desa Suka Raja berakhir tanggal 31 Desember 2021. Menjelang akhir masa pengabdian, kades tetap mewajibkan seluruh perangkat desa masuk kantor dan menjalankan tugas sesuai mestinya.

Namun setelah tahun baru nanti, akan dilakukan penjaringan ulang untuk pengisian perangkat desa. Panitia seleksi akan melaksanakan uji kompetensi untuk mencari perangkat desa yang punya kemampuan terbaik dengan harapan sistem pemerintahan di desa dapat berjalan dengan baik.

“Saya akan laporkan hasil musyawarah bersama warga soal evaluasi perangkat desa ke Dinas PMD,” imbuh Kades. (yoh)

Sumber: