Jangan Terbuai Waktu Libur, Siswa Diminta Tetap Belajar

Jangan Terbuai Waktu Libur, Siswa Diminta Tetap Belajar

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS, Rispin Junaidi, M.Pd mengatakan agar seluruh siswa yang saat ini tengah menikmati waktu libur, untuk tidak terlena atau terbuai dengan waktu senggang yang tersedia. Kegiatan libur hendaknya tetap diisi dengan kegiatan bermanfaat dan diimbau agar selalu belajar.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa, kemudian memberikan dorongan agar kedepan siswa tidak lupa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. “Waktu libur sekolah masih cukup panjang. Siswa jangan sampai terbuai waktu libur ini. Tetap belajar dan lakukan aktifitas bermanfaat,” kata Rispin.

Diteruskannya, waktu libur memang diberikan sebagai wadah refreshing siswa dan guru, setelah menjani kegiatan pembelajaran selama satu semester atau enam bulan. Waktu libur juga diberikan untuk mempersiapkan para siswa, dalam menyambut semester baru tahapan pendidikan berikutnya. “Masuk awal semester genap tahun ajaran 2021/2022 itu tanggal 4 Januari mendatang. Tidak ada yang diperbolehkan untuk melewatkan hari pertama masuk sekolah itu,” tegas Rispin.

Senada dikatakan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si, bahwa siswa jenjang SMA/SMK harus aktif mengisi libur dengan agenda positif. Terlebih untuk siswa kelas XII yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Sekolah (US).

“Tak lebih dari empat bulan lagi bagi siswa kelas XII SMA untuk mengikuti proses pembelajaran. Setelah itu mereka memasuki tahapan US lalu lulus sekolah. Maka dari itu, siapkan diri sejak awal dan hindari keluyuran,” katanya.

Jika memungkinkan, Diazdado menyarankan agar siswa mengikuti les atau privat pembelajaran selama masa libur semester. Sehingga, pada saat US berlangsung siswa bisa meraih nilai yang memuaskan.

“Sekarang ini kelulusan siswa secara penuh ditentukan oleh sekolah. Nah, semakin siap siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kami yakin hasil US nantinya juga lebih maksimal,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: