BPN Segera Bagikan 8400 Percil Sertifikat Prona

BPN Segera Bagikan 8400 Percil Sertifikat Prona

RASELNEWS.COM, SELUMA - Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Seluma, Jakiwan Hadinata, SH menyebut di tahun 2022 pihaknya akan membagikan 8.400 percil sertifikat program nasional (prona) atau saat ini disebut sertifikat Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Jumlah ini lebih banyak dibandingkan 2021.

"Untuk 2022 mendatang akan dibagikan 8.400 percil sertifikat PTSL. Jadi tahun depan kami akan bekerja keras untuk menuntaskan proses penerbitannya. Karena melalui proses pengukuran, serta pendataan, baru penerbitan sertifikatnya," ujar Jakiwan.

Untuk penerbitan sertifikat PTSL, BPN Seluma masih menemui kendala di lapangan. Di antaranya daerah pedalaman yang sulit dijangkau. Sedangkan tim BPN harus turun untuk melakukan pengukuran lahan yang akan disertifikatkan.

"Banyak kendala yang kami temui. Salah satunya daerah pedalaman. Kami meminta bantuan bapak Bupati, untuk dibantu kendaraan khusus yang bisa menjangkau daerah pedalaman Seluma. Sehingga proses penerbitan sertifikat bisa tuntas di tahun 2022 mendatang," pinta Jakiwan.

Sertifikat PTSL yang akan diterbitkan merupakan usulan yang sudah disampaikan oleh desa. Tanah yang sudah memiliki surat keterangan tanah (SKT) dari kepala desa dan mempunyai status dan batas lahan yang jelas. "Saat ini beberapa usulan dari desa sudah kami terima. Untuk diterbitkan sertifikat PTSL tahun depan," tegasnya.

Selain akan menuntaskan target PTSL, BPN Seluma juga akan menyelesaikan target penerbitan sertifikat aset lahan Pemkab Seluma. Karena masih ada 200 percil yang harus diselesaikan. Termasuk aset lahan puskesmas yang ada di bawah Dinas Kesehatan Seluma.

"Masih ada 200 aset lahan Pemkab Seluma yang harus diterbitkan sertifikatnya. Sehingga tahun depan tugas kami sangat berat," pungkasnya. (rwf)

Sumber: