Bengkulu Selatan Jadi Percontohan Komoditi Pisang Cavendish

Bengkulu Selatan Jadi Percontohan Komoditi Pisang Cavendish

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kepahiang menjadi percontohan program tanam komoditi pisang Cavendish. Program sudah berjalan pada tahun 2021 melalui pembagian bibit pisang jenis Cavendish itu kepada petani.

Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan mengatakan, pisang Cavendish memiliki nilai ekonomi karena tanaman ini berkualitas ekspor. "Penanaman pisang Cavendish ini memang dibutuhkan perlakukan khusus dan berkualitas ekpor," kata Ricky, Rabu (29/12).

Menurutnya, dua kabupaten itu dinilai potensial pengembangan tanaman pisang tersebut. Untuk itu pihaknya meminta para penyuluh pertanian dapat mendampingi petani secara serius. "Dengan komoditif ini juga bisa membantu petani meningkatkan ekonomi," kata Ricky.

Anggota DPRD Provinsi, Usin Abdisyah Putra Sembiring mengatakan, selain memaksimalkan pemanfaatan lahan pertanian dan perkebunan, pihaknya juga mendorong warga untuk menanam komoditi di areal pekarangan. "Selama inikan petani kita hanya terpaku tanaman monokultur saja, misal kelapa sawit dan karet, kedepannya komoditas pisang bisa menjadi andalan" katanya.

Usin juga mendorong kader Partai Hanura untuk dapat menjadi penggerak pemanfaatan lahan, khususnya lahan pekarangan. Pasalnya, pisang Cavendish ini masih bisa ditanam di lahan pekarangan yang tidak termanfaatkan. "Saya minta agar seluruh kader Hanura bisa mulai jadi penggerak," pungkasnya.

Manfaat Pisang Cavendish untuk Tubuh

Seperti dikutip dari tanihub.com, Pisang cavendish merupakan salah satu dari sekian banyak jenis pisang yang menjadi primadona banyak orang di seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri, pisang ini sangat terkenal sebagai pisang dengan nama pisang Ambon putih. Buah ini menjadi salah satu buah yang paling favorit di pasaran buah dunia.

Buah pisang Cavendish selain tampilannya yang sangat menarik dan cantik ternyata juga banyak mengandung vitamin dan kaya akan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Pisang ini sangat kaya akan berbagai macam jenis kandungan nutrisi dan vitamin yang bagus untuk kesehatan

  • Mampu menjaga kesehatan ginjal
Pisang Cavendish sangat terkenal sebagai salah satu jenis pisang yang mampu untuk menjaga kesehatan ginjal. Karena pisang banyak mengandung Potasium dan Magnesium yang sangat tinggi. Adanya kedua kandungan zat tersebut yang kemudian menjadi alasan kenapa pisang bagus untuk kesehatan ginjal karena mampu untuk menjadi filter yang menghambat terbentuknya batu ginjal dalam tubuh.
  • Mencegah alergi dan penyakit sesak nafas
Dari beberapa penjelasan ilmiah dan penelitian kesehatan yang dilakukan oleh peneliti Inggris menyebutkan jika biasanya anak-anak yang sudah mengkonsumsi pisang Cavendish setiap hari akan memiliki peluang yang lebih kecil untuk terserang penyakit asma dan atau mencegah penyakit kambuhnya asma pada anak-anak. karena kandungan serat yang sangat tinggi pada pisang Cavendish ternyata bisa menjadi salah satu potensi untuk terhindar dari serangan penyakit alergi dan asma.
  • Bagus untuk kesehatan mata
Dalam jurnal ilmiah ophthalmology menyebutkan jika seseorang yang mengkonsumsi sedikitnya 3 buah pisang Cavendish setiap hari maka akan sedikit memiliki resiko terserang penyakit pada mata. Beberapa penyakit mata yang cukup parah seperti serangan katarak dan penyakit mata bisulan dan rabun. Di negara Nigeria pisang dijadikan sebagai ramuan yang digabungkan dengan ramuan herbal yang dikenal dengan nama Orinol yang bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi katarak dan gangguan penyakit mata yang lainnya. (cia)

Sumber: