Data Rambu Lalu Lintas

Data Rambu Lalu Lintas

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), akan mendata rambu lalu lintas (lalin) yang ada di jalan kabupaten, jalan provinsi maupun jalan nasional.

Pendataan untuk mengetahui rambu yang sudah rusak ataupun belum terpasang. Sebab, keberadaan rambu lalu lintas di jalan raya dinilai penting, guna mendukung kedisiplinan berlalu lintas pengguna jalan raya.

“Hasil pendataan akan menjadi database kami (Dishub) untuk mengusulkan pengadaan rambu lalu lintas. Selama ini belum ada data khusus terkait kerusakan rambu ini,” terang Kadishub BS, Alian, SH.

Untuk rambu lalu lintas yang berada di jalan kabupaten akan diusulkan pengadaannya melalui APBD. Sementara untuk rambu lalu lintas yang berada di jalan nasional, akan diusulkan ke Kemenhub RI.

Dishub BS juga akan mengusulkan rehab traffic light (TL) atau lampu lalu lintas yang berada di persimpangan jalan. Saat ini, tercacat ada lima titik persimpangan di Kota Manna yang sudah dipasang TL, akan tetapi kondisinya sudah rusak parah.

“Usulan pengadaan TL ini juga akan disampaikan ke Pemda BS. Sehingga, dalam realisasi anggaran tahun mendatang ini dapat direalisasikan. Karena malu sekali rasanya bahwa kabupaten induk tapi fasilitas lalu lintasnya sangat minim,” pungkas Alian. (rzn)

Sumber: