Pemprov Bengkulu Harus Tingkatkan Kinerja

Pemprov Bengkulu Harus Tingkatkan Kinerja

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Pemprov Bengkulu diminta segera meningkatkan kinerja pasca pelaksanaan mutasi sejumlah pejabat eselon II. Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi SP mengatakan Pemprov Bengkulu mempunyai pekerjaan rumah terkait serapan anggaran dan pekerjaan proyek yang kerap menumpuk di akhir tahun.

"APBD sudah disahkan lebih awal. Kita berharap program-program bisa direalisasikam sejak awal tahun, khususnya infrastruktur,” tegas Jonaidi, Senin (3/1).

Jonaidi juga meminta Gubernur segera menggelar rapat di awal tahun agar pejabat eselon II yang dilantik segera menjalankan kinerja dengan baik. Sehingga pekerjaan program tidak ada lagi yang terhambat.

Apalagi mutasi jabatan juga tidak berpengaruh pada kinerja OPD, karena Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sudah ditunjuk. “Kita berharap OPD bisa bergerak cepat. Mutasi ini juga bagus dilakukan awal tahun, sehingga pejabat yang ditunjuk bisa bekerja lebih awal," tegas Jonaidi.

Terkait mutasi yang digelar Gubernur, Jonaidi menyebut hal itu biasa dalam pemerintahan. Namun pihaknya berharap mutasi ini bukan kepentingan politik. Melainkan untuk perbaikan kinerja OPD. "Untuk jabatan yang kosong, segera lakukan pengisian sesuai aturan berlaku, seperti melalui lelang atau job fit,” ungkap Jonaidi.

Sebelumnya Gubernur Rohidin Mersyah melantik 15 pejabat eselon II. Gubernur menyebut rotasi dilakukan sebagai bentuk penyegaran organisasi pemerintahan. Gubernur Bengkulu melakukan mutasi pejabat eselon II lingkungan Pemprov Bengkulu, Jumat (31/12/2021). Ada 15 pejabat eselon II yang menjalani mutasi.

Salah satunya bahkan diisi Sekkab BS Yudi Satria yang dipercayakan menduduki posisi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Provinsi Bengkulu. Hal itu otomatis membuat posisi Sekkab BS akan mengalami kekosongan setelah Yudi menyerahkan jabatannya untuk menjalankan tugas baru di Pemprov Bengkulu. Bahkan, informasi yang didapat menyebutkan jika Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) BS Siswanto MSi juga mendapatkan kursi jabatan di Pemprov Bengkulu.  (cia)

Sumber: