Daftar Tunggu Haji Hingga 2036, Itupun Tersisa 66 Kursi

Daftar Tunggu Haji Hingga 2036, Itupun Tersisa 66 Kursi

RASELNEWS.COM, KAUR - Daftar tunggu haji di Kaur semakin panjang. Bila mendaftar saat ini, kemungkinan baru dapat diberangkatkan pada 2036 mendatang, atau menunggu 14 tahun lagi.

Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kantor Kemenag Kaur mencatat untuk 2036, hanya menyisakan 66 kursi dari kuota yang ada. Sementara untuk 2035, dipastikan sudah penuh dan tak mendapat kursi pemberangkatan.

Lamanya daftar tunggu pemberangkatan haji juga lantaran adanya penundaan selama dua tahun terakhir, akibat pandemi covid-19. Hal itu juga diperparah dengan pengurangan kuota haji untuk Kaur.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kaur Bujang Ruslan, M.Pd mengatakan kuota haji Kaur sudah penuh hingga 2035. Tercatat ada 1.690 orang yang masuk daftar tunggu pemberangkatan.

Normalnya, setiap tahun Kaur mendapat kuota haji untuk 106 orang. “Artinya akan ada rentang hingga 14 tahun bagi calon jemaah yang baru mendaftar,” tegas Bujang.

Apalagi untuk rencana pemberangkatan haji 2036, sudah terisi 40 orang. Jika kuota tetap hanya 106 orang, maka hanya menyisahkan 66 kursi yang belum terisi.

Ditambahkannya, lamanya daftar tunggu haji ini. Ia mengimbau untuk masyarakat Kaur yang ingin daftar haji, agar dapat segera mendaftarkan diri ke Kemenag Kaur, sehingga 16 tahun mendatang sudah bisa berangkat haji. Juga daftar gaji kini sudah bisa online dengan melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). (jul)

Sumber: