Hasil Sanggahan Seleksi PPPK Guru Ditolak

Hasil Sanggahan Seleksi PPPK Guru Ditolak

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pengumuman hasil sanggah pasca seleksi kompetensi tahap II PPPK Guru 2021 telah dikeluarkan Kemendikbudristek RI pada Kamis (6/1/2022) malam, termasuk untuk peserta yang berasal dari Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Namun, kabar kurang mengenakan untuk pelamar PPPK Guru dari Kabupaten BS. Pasalnya, dalam draft hasil sanggah yang berjumlah 181 lembar dan satu salinan tersebut, tidak ada penambahan jumlah kelulusan peserta PPPK seleksi kedua.

Total peserta yang lulus pasca sanggah tersebut berjumlah 65 orang. Jumlah itu sama dengan jumlah kelulusan dari pengumuman sebelum masa sanggah dilakukan.

Dikatakan Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si, total peserta yang tidak lolos seleksi tahap II PPPK Guru di BS mencapai 417 orang, dan 90 persen di antaranya disinyalir mengajukan sanggahan ke Panselnas PPPK Guru.

“Total kelulusan peserta pasca sanggah dan sebelum sanggah tetap sama. Artinya, ratusan sanggah yang diajukan peserta tidak diakomodir pusat,” ujarnya.

Diteruskan Diazdado, sejumlah peserta yang belum beruntung dalam pengajuan sanggahan tersebut, akan diikutkan lagi pada seleksi kompetensi tahap III PPPK yang wacananya dilaksanakan pada pertengahan bulan ini. Akan tetapi, pihaknya belum dapat memaparkan secara rinci terkait syarat lanjutan atau lokasi tes yang akan dilaksanakan.

“Pengelolaan hasil sanggah itu sepenuhnya dilakukan oleh pusat. Memang peserta diberikan kebebasan untuk mengajukan sanggah atau pertimbangan. Untuk itu, kami berharap peserta yang belum berhasil agar bersabar dan kembali memanfaatkan peluang tes selanjutnya,” bebernya.

Bahkan, Diazdado menyebut bahwa minimnya kelulusan pasca sanggah seleksi kedua PPPK tersebut juga sama dengan sanggah pasca seleksi tahap satu lalu. Dimana, dari 284 sanggah yang diajukan peserta. Tak ada satupun yang diakomodir oleh pusat.

Pertimbangan ini dilakukan karena nilai tes yang didapat peserta sangat jauh dari ambang batas atau passing grade. “Maka dari itu, peserta saat ini harus lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi selanjutnya. Jadikan pengalaman tes tahap satu dan dua sebagai bekal untuk lulus di tahap ketiga ini,” tukasnya.

Untuk diketahui, total kelulusan peserta seleksi satu dan dua PPPK guru di Kabupaten BS mencapai 129 peserta. Jumlah tersebut masih jauh untuk memenuhi kuota standar PPPK guru BS yang diberikan pusat yakni berjumlah 369 formasi.

Artinya masih tersisa 240 formasi yang kosong. Kekosongan formasi itu terdiri dari guru kelas, guru bidang studi SMP dan guru bidang studi SMA. Peluang itu masih bisa diisi dalam seleksi tahap III PPPK nantinya. (rzn)

Sumber: