Serapan Dana Desa 99 Persen

Serapan Dana Desa 99 Persen

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Realisasi serapan Dana Desa 2021 terserap 99,2 persen atau sebesar Rp1,085 triliun dari total pagu Rp1,082 triliun. Kepala Kanwil Dirjen Pembendaharaan (DJbN) Provinsi Bengkulu Syarwan mengatakan penyerapan dana desa itu sudah sangat baik dan tahun ini diharapkan dapat dipertahankan.

"Kalau bias, untuk dana desa dicairkan di awal-awal tahun," ungkap Syarwan. Dia mengatakan pencairan dana desa yang dilakukan pada awal tahun, untuk menghindari serapan yang tidak maksimal pada akhir tahun.

Selain itu dana desa bisa segera dirasakan masyarakat. Tahun 2021 lalu, sambung Syarwan, ada dua desa di Seluma yang tidak bisa mencairkan dana desa karena persoalan internal.

Selain itu pencairan dana desa di salah satu desa di Bengkulu Tengah juga sempat terseok-seok. "Tahun ini kita harapkan tidak terjadi lagi," tegas Syarwan.

Secara keseluruhan, realisasi APBN di Provinsi Bengkulu terserap 95 persen. Sedangkan untuk penyaluran APBD ke daerah mencapai 99 persen. Adapun kinerja pendapatan negara hingga 31 Desember 2021 naik 15,0 persen dari tahun 2020 dengan tingkat ketercapaian 106 persen dari target 2021. “Dengan rincian penerimaan pajak 100 persen lebih, Penerimaan Bea Masuk/Keluar naik hamper 5 kali lipat dan PNBP juga melebihi 100 persen,” tuntas Syarwan. (cia)

Sumber: