Ujian Praktek Sekolah Tetap Digelar

Ujian Praktek Sekolah Tetap Digelar

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Menjelang kegiatan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) yang dijadwalkan pada tanggal 29 Maret - 10 April mendatang. Pihak sekolah tetap akan menggelar kegiatan Ujian Praktek sebagai bentuk evaluasi serta pengambilan nilai praktek belajar siswa. Ujian praktek sendiri dijadwalkan sekitar dua minggu sebelum kegiatan USBK berlangsung.

“Untuk kegiatan praktek tetap akan digelar. Soal dan materi yang diujikan langsung dikemas oleh pihak sekolah,” ujar Kepala Sekretaris Dinas Dikbud BS, Agustian, S.Sos, M.Si.

Beberapa mata pelajaran yang diuji praktekkan yakni mata pelajaran Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS. Proses ujian akan digelar secara langsung oleh siswa dan dilaksanakan secara bertahap. “Karena saat ini masih dalam wabah pandemi covid-19, proses kegiatan ujian tetap akan dilaksanakan dengan mengedepankan prokes pencegahan covid-19,” sambung Agustian.

Sementara pihak sekolah mengaku saat ini soal ujian praktek dan soal ujian sekolah telah disiapkan secara matang. Salah satunya diakui oleh Kepala SMPN 1 BS, Liasrawati, M.Pd. Dikatakanya, bahwa pentingnya ujian praktek untuk mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap proses pembelajaran yang selama ini diikutinya.

“Dalam belajar siswa tidak hanya diberikan materi secara teori namun juga dibarengi dengan praktek. Agar siswa betul-betul mampu menerapkan ilmu pendidikannya nanti,” terang Liasrawati.

Untuk soal, dirinya mengaku semua materi yang diujikan adalah materi pelajaran dari kelas VII hingga kelas IX bagi jenjang SMP. Seperti halnya ujian praktek agama, siswa akan mengikuti ujian praktek seperti tatacara berwudhu, tatacara sholat, dan lainnya.“Soal ujian bersifat umum, kalau siswa betul-betul belajar maka tidak akan sulit mengikuti ujian tersebut,” ungkapnya lagi.

Sementara ujian sekolah, Liasrawati mengaku selain soalnya dibuat langsung oleh pihak sekolah. Juga melibatkan pihak Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MPMP). Di jenjang SMPN sendiri, akan ada 10 mata pelajaran yang diujikan. Dalam setiap mata pelajaran tersebut akan mengandung sebanyak 40 soal pilihan ganda. “Soal US semuanya pilihan ganda, proses pengerjaan secara manual atau di atas kertas. Karena untuk menggelar US secara full daring masih ada keterbatasan perangkat komputer dan internet,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: