Bersiap, Pretest PPG Digelar Maret

Bersiap, Pretest PPG Digelar Maret

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kabar baik bagi seluruh guru yang telah lama menantikan pelaksanaan pretest PPG (Pendidikan Profesi Guru). Pasalnya, tahun ini Kemendikbudristek RI bakal kembali membuka pretest bagi calon peserta PPG angkatan 2022/2023. Jika tidak ada hambatan, kegiatan prestest PPG bakal dimulai pada awal Maret hingga pertengahan April mendatang. Kegiatan prestest tersebut bakal dilaksanakan secara daring, untuk menghindari potensi kerumunan massa.

“Dari informasi yang kami dapat, pretest PPG tahun ini dibuka setelah dua tahun tidak diadakan. Ini kesempatan baik bagi para guru yang ingin mendapatkan sertifikasi,” ujar Kepala Dinas Dikbud BS, Rispin Junaidi, M.Pd.

Diteruskannya, dalam kegiatan tersebut, pihaknya belum mendapatkan rincian secara khusus berapa total peserta yang boleh mendaftar. Termasuk untuk kegiatan registrasi dan verifikasi berkas, semuanya dilakukan secara daring oleh peserta. “Pengumuman kelulusan, wacananya dikeluarkan pada pertengahan Mei mendatang. Setelah itu, peserta yang lolos langsung mengikuti PPG yang dimulai awal Juni,” sambung Rispin.

Untuk itu, dirinya meminta para calon peserta pretest agar mempersiapkan diri sejak dini. Baik dengan rutin mengerjakan soal-soal latihan, maupun kisi-kisi materi yang bakal masuk di pretest nantinya. Sebab, secara keseluruhan kegiatan itu dihandle langsung oleh pusat, termasuk pemberian soal.

“Kalau materinya, kami tidak terlalu memahami. Lebih jelasnya, para peserta boleh berdiskusi dengan alumni PPG. Semakin banyak menggali informasi, maka kesempatan untuk lulus semakin besar,” kata Rispin.

Sedangkan syarat untuk mengikuti prestest PPG, dia menyebut guru bersangkutan minimal harus memenuhi lima kriteria utama. Diantaranya wajib terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), memiliki akun SIMPKB, mengantongi SK minimal dari daerah atau yayasan serta memiliki ijazah S1 dan liner dengan bidang studi yang diajarkan. “Maka dari itu, peserta harus aktif dan giat mencari informasi lebih rinci seputar PPG. Jika diikuti dengan maksimal, mudah-mudahan saja bisa lolos,” demikian Rispin. (rzn)

Sumber: