Ratusan GTT-PTT Tetap Ditugaskan

Ratusan GTT-PTT Tetap Ditugaskan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS tidak akan melakukan pengurangan jumlah Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap atau GTT-PTT sebagai menerima insentif daerah. Hal itu lantaran anggaran insentif untuk 787 GTT-PTT masih tercukupi. Evaluasi kelayakan tugas yang dilakukan tim Disdikbud pada akhir 2021 juga mendapati ratusan tenaga honorer itu tetap layak untuk ditugaskan tanpa ada yang mendapat raport buruk.

“Yang sudah mendapatkan SK Bupati tetap ditugaskan. Bahkan anggaran instentif juga tidak berkurang,” ujar Kasubbag Perancanaan, Pelaporan dan Evaluasi (PPE) Dinas Dikbud BS, Yen September, S.Pd.I.

Total anggaran insentif ratusan GTT-PTT mencapai Rp 1,6 miliar. Dana itu berasal dari Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa). Setiap GTT-PTT akan menerima instentif Rp 200 ribu per bulan. “Insentif ini adalah bonus honorer di luar gaji pokok mereka di sekolah. Memang GTT dan PTT yang mendapatkan SK adalah mereka yang sudah mengabdi di atas dua tahun dan terdaftar di Dapodik,” beber Yen.

Insentif yang diberikan dapat menambah pendapatan para GTT-PTT BS. Sebab gaji pokok honorer dari sekolah mencapai Rp 500 ribu per bulan. “Target kedepannya memang nominal insentif honorer ini akan terus ditambah. Bagaimanapun juga, honorer sangat berperan penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Apalagi di Bengkulu Selatan masih sangat kekurangan guru PNS,” pungkas Yen. (rzn)

Sumber: