Barli : Kades Masih Perlu Dibimbing

Barli : Kades Masih Perlu Dibimbing

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ketua DPRD Bengkulu Selatan (BS), Barli Halim, SE menyarankan Pemda melalui OPD teknis hadir membimbing kades mengelola keuangan di desa yang bersumber dari ADD/DD.

Hal itu perlu dilakukan menyusul masih banyak kades yang bermasalah dalam mengelola keuangan. “Pemda perlu membimbing kades dan perangkat mengelola keuangan agar tidak bermasalah. Soalnya sudah cukup banyak kades terjerat hukum akibat salah mengelola keuangan di desa. Kedepannya hal itu jangan sampai lagi terjadi,” harap Barli.

Dikatakan Barli, bimbingan Pemda kepada kades dalam mengelola keuangan di desa dapat dilakukan dengan banyak cara. Misalnya Dinas PMD rutin turun ke lapangan dan mengadakan bimbingan teknis kades dan perangkat desa mengenai aturan penggunaan dana desa.

Kemudian Inspektorat Daerah selaku pengawasan juga proaktif turun ke lapangan memantau realisasi dana desa. Jika ditemukan indikasi penyimpangan atau kesalahan realisasi anggaran, kades dan perangkat desa secepatnya ditegur agar permasalahan yang terjadi tidak terlalu jauh.

“Jika aktif dilakukan bimbingan dan pengawasan, saya yakin kesalahan penggunaan dana desa yang berujung ke penyelewengan uang negara dapat dicegah. Kades yang berniat korupsi cepat-cepat ditegur dan diminta mengembalikan uang. Begitu juga jika ada kesalahan administrasi keuangan, sebaiknya disarankan untuk dibenahi,” saran Barli. (yoh)

Sumber: