Pulang Kampung, Hermen Malik Nilai Kaur Butuh Digitalisasi

Pulang Kampung, Hermen Malik Nilai Kaur Butuh Digitalisasi

RASELNEWS.COM, KAUR - Mantan Bupati Kaur Hermen Malik, M.Sc pulang ke kampung halamannya di Kaur, Selasa (11/1). Kesempatan ini juga dimanfaatkan Bupati Periode 2011-2016 itu untuk bertamu dengan Bupati-Wabup Kaur, Lismidianto-Herlian Muchrim.

Dalam kunjungannya, Hermen menyebut Kaur bukan hanya membutuhkan pembangunan fisik semata. Namun juga membutuhkan elemen digital atau digitalisasi untuk mendukung pembangunan di zaman modern.

Dicontohkan Hermen, dahulu dalam penyampaian informasi kegiatan, membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus disampaikan secara langsung. "Kini hanya hitungan detik informasi pembangunan dapat tersampaikan. Makanya surat-surat elektronik, karya tulis, semuanya sudah harus didigitalisasi dan perlu diselaraskan,” tegas Hermen.

Menyikapi usulan Hermen Malik, Bupati Lismidianto mengaku upaya digitalisasi tersebut tengah diupayakan oleh Dinas Kominfo Kaur sebagai motor penggerak. Bahkan Kaur juga sudah membentuk Tim Media Center (MC) yang nantinya akan menjadi penyampai informasi dan pengelola website pemerintah. "Tentu kami menyambut baik saran dari pak Hermen. Bahkan jauh hari, kita sudah menyiapkan digitalisasi ini seiring dengan waktu,” klaim Bupati.

Disampaikan Lismidianto, upaya digitalisasi sudah dilakukan sejak pertengahan 2021. Pihaknya terus melakukan transparasi pembangunan, infomasi publik yang semuanya dimulai dari program-program Dinas Kominfo Kaur. Masyarakat dapat melihat langsung kegiatan Pemkab Kaur secara daring (dalam jaringan/online).

Nanti sejumlah program program OPD juga dapat dengan mudah disampaikan kepada masyarakat Kaur melalui website resmi pemerintah. “Kita sudah memulainya, tentu (Dinas) Kominfo sebagai OPD yang menjadi motor penggerak, diharapkan dapat lebih cepat meluncurkan program digitalisasi ini,” demikian Bupati. (jul)

Sumber: