Waspada Penipuan dengan Modus Catut Pejabat Polisi

Waspada Penipuan dengan Modus Catut Pejabat Polisi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Informasi bagi masyarakat Bengkulu Selaran (BS) agar waspada terhadap penipuan dengan  modus catut pejabat polisi. Pelaku penipuan dengan modus tersebut sering melancarkan aksi untuk mencari mangsa.

“Masyarakat harus waspada. Jangan mudah percaya jika ada yang menghubungi mengaku pejabat atau anggota kepolisian,” imbau Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Fajri Amelia Putra, STK, SIK.

Biasanya pelaku penipuan dengan modus catut pejabat polisi seperti itu kerap mengincar korban yang memiliki masalah dengan hukum. Mereka sering menawarkan jasa mengamankan perkara atau sejenisnya. Padahal dalam kepolisian, hal itu tidak dibenarkan.

“Sangat perlu terhadap penipuan seperti itu. Apalagi di Polres Bengkulu Selatan baru dilakukan pergantian Kasat, bisa saja ada penipu yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan. Jadi harus sangat waspada,” imbuh Kasat Reskrim.

Pelaku juga sering menelpon secara tiba-tiba dan menyampaikan informasi orang dekat yang bersangkutan ditangkap polisi. Agar yang bersangkutan bisa dibebaskan, mereka menawarkan jasa pertolongan dengan syarat memberikan sejumlah uang.

Karena itu, lanjut Kasat Reskrim masyarakat yang dihubungi ataupun didatangi langsung orang yang mengatasnamakan APH kemudian meminta uang. Sebaiknya diabaikan saja, atau bisa melapor ke polisi terdekat. “Kalau ada yang seperti itu, laporkan saja. Atau kalau menghubungi via telepon, abaikan saja, tidak perlu ditanggapi,” sarannya. (yoh)

Sumber: