Tuntaskan Puluhan Peristiwa Non Kebakaran

Tuntaskan Puluhan Peristiwa Non Kebakaran

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sepanjang tahun 2021, Dinas Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP Damkar) BS berhasil menuntaskan sebanyak 66 agenda non kebakaran di tengah masyarakat. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap keselamatan dan kenyamanan masyarakat, dari berbagai ancaman dan potensi bencana.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, agenda tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan. Dimana, pada tahun 2022 hanya sebanyak 45 agenda non kebakaran yang berhasil dituntaskan.

Dikatakan Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos, kegiatan non kebakaran merupakan inovasi pihak damkar untuk menjangkau organisasi profesional. Beberapa pelayanan yang tuntas dilaksanakan diantaranya 20 agenda evakuasi hewan liar, 15 agenda pembersihan air sumur masyarakat, 16 agenda penyaluran bantuan air, 5 agenda pembersihan septic tank, 4 agenda pembersihan fasilitas umum dan 6 agenda pemberdayaan masyarakat.

“Di tahun 2021 lalu, kami cukup banyak mendapatkan permohonan dari warga untuk melakukan penanggulangan non kebakaran. Jumlahnya lebih besar dari tahun 2020, dan semuanya tuntas dikerjakan personil. Semua agenda ini merupakan dedikasi untuk kemanusiaan,” ujar Erwin kepada Rasel kemarin (14/1).

Diteruskannya, tingginya aktivitas non kebakaran yang dilakukan, juga sejalan dengan Panca Darma Pemadaman. Diantaranya pencegahan bencana, penanggulangan dampak bencana, pemberdayaan, pemadaman termasuk pengendalian bahan berbahaya bagi masyarakat. “Mungkin selama ini masyarakat menilai bahwa tugas damkar hanya untuk memadamkan api saja. Tapi konsepnya sangat luas, dan menjangkau seluruh kegiatan penanganan bencana di masyarakat,” kata Erwin.

Untuk itu, masyarakat diminta tidak ragu melapor ke pihak damkar BS apabila menemukan kendala ataupun bencana non kebakaran. Pihak damkar BS selalu stand by 24 jam untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat BS. Bahkan, segala aktifitas yang dilakukan damkar tidak dipungut biaya apapun. “Kedepan inovasi ini akan dimaksimalkan lagi, dan kami siap bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk lembaga pemerintahan yang lain,” tuntas Erwin. (rzn)

Sumber: