Seleksi Belum Tuntas, Kapan PPPK Bertugas?

Seleksi Belum Tuntas, Kapan PPPK Bertugas?

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Hingga Minggu (16/1), Tim Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) BS belum mendapatkan rilis terbaru jadwal seleksi PPPK tahap III guru. Padahal pemberkasan input daftar riwayat hidup (DRH) dan input dokumen bagi peserta yang lulus sudah dilaksanakan. Beberapa di antaranya bahkan sudah dinyatakan lengkap.

Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna Diazdado Putrajaya, SE, M.Si menyebut panitia pusat masih fokus merampungkan data persiapan penerbitan nomor induk (NIP) bagi PPPK yang lolos tahap I dan II. “Belum ada kabar terbarunya (seleksi tahap III PPPK). Sejauh ini panselnas masih fokus pada pemberkasan peserta yang telah lolos,” ujarnya.

Terkait masa tugas ASN PPPK guru, merupakan kebijakan Pemkab BS. Setelah adanya instruksi pengangkatan dan penyerahan SK dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. SK akan diterbitkan dan PPPK mulai bertugas sebagai ASN lingkungan Pemkab BS. “Kalau dalam aturan, memang pemberian NI PPPK itu 30 hari setelah pemberkasan selesai. Pemberkasan tahap I baru selesai 10 Januari lalu. Sedangkan yang tahap II masih berjalan,” jelas Diazdado.

Penugasan ASN PPPK tidak harus menunggu semua rangkaian seleksi perekrutan PPPK selesai. Peserta yang sudah lolos dan menyelesaikan pemberkasan, sudah dapat diikat kontrak dan bertugas di sekolah penugasan.

Terpisah, Kabid PTK Dinas Dikbud BS Amir Syopian M.Pd mengatakan rangkaian seleksi PPPK guru memang ditarget selesai di 2021 lalu. Tapi karena berbagai kebijakan yang diterbitkan pasca seleksi tahap I, dua jadwal seleksi didepannya juga ikut terdampak, termasuk penyerahan SK tugas PPPK.

“Untuk pengangkatan dan SK, itu memang sudah ranah tim BPKSDM. Ranah kami hanya sebatas penyelenggaraan seleksi kompetensi. Kalaupun untuk proses pemberkasan pasca tes, itu kami hadir sebagai penengah saja dan sifatnya membantu peserta,” kata Amir.

Dirinya juga tidak menampik kemungkinan masa tugas ASN PPPK guru tahun ini akan berkurang. Soalnya itu sudah jelas dan terlihat dari pengunduran jadwal seleksi tahap II dan tahap III. “Secara umum memang kita memaklumi proses dari panselnas. Karena memang jumlah rekrutmen peserta PPPK untuk memenuhi formasi guru ini sangatlah banyak. Mudah-mudahan saja SK tugas segera turun dan seleksi tahap III segera dibuka,” pungkas Amir. (rzn)

Sumber: