Ayooo….Masak Lempuak

Ayooo….Masak Lempuak

RASELNEWS.COM, SELUMA  - Untuk melestarikan makanan daerah yakni lempuak, Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE mengajak seluruh pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Seluma untuk masak lempuak.

Kegiatan yang menggambarkan kebersamaan ini digelar di Gedung Daerah Serasan Seijoan, Sabtu (15/1/2022). Kegiatan tersebut digelar karena di Kabupaten Seluma sedang bertepatan dengan panen durian sehingga bisa membantu petani penghasil durian.

Bupati menegaskan bahwa dari kegiatan memasak lempuak. Banyak makna yang tersirat. Salah satunya adalah kebersamaan. Serta kekompakan. Karena jika tidak kompak, maka lempuak tidak akan masak. "Kalau tidak kompak, tidak mengaduk bersama maka lempuak tidak akan jadi masak," tegasnya kepada wartawan.

Menurutnya, semangat kebersamaan ini yang harus digaris bawahi. Karena masak Lempuak di kerjakan dengan cara bergotong royong. Bupati meminta agar kekompakan diaplikasikan dalam dunia pekerjaan. Sehingga semuanya bisa bersama-sama membangun Kabupaten Seluma Alap.

"Saya berharap hal ini bisa diimplementasikan dalam rangka membangun Seluma Alap. Sama sama bekerja dan bergotong royong," tegasnya.

Selain itu masak lempuak durian ini juga sudah menjadi budaya yang di lakukan masyarakat Seluma pada saat musim durian tiba. "Ini sudah menjadi budaya kebiasaan masyarakat Seluma. Saat musim durian bersama-sama masak lempuak durian, perlahan kebiasaan lama ini kita bangkitkan kembali," ujarnya. (rwf)

Sumber: