Jadwal Simulasi USBK SD dan SMP Belum Dikeluarkan

Jadwal Simulasi USBK SD dan SMP Belum Dikeluarkan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN Jadwal simulasi ujian sekolah berbasis komputer (USBK) untuk 119 SDN dan 30 SMPN, hingga kemarin (16/1), belum dikeluarkan Dinas Dikbud Bengkulu Selatan (BS). Disdikbud masih mempersiapkan data peserta ujian sekaligus pendataan perangkat komputer aktif di sekolah.

“Simulasi USBK ini masih mau kami musyawarahkan dulu. Apakah nanti tetap dilaksanakan, atau memang diserahkan ke sekolah teknisnya seperti apa. Jelasnya, saat ini kami masih fokus memantau persiapan pelaksanaan di setiap sekolah,” ujar Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Dinas Dikbud BS, Sarjono, S.Pd.

Dijelaskannya, kegiatan simulasi USBK memang perlu dilaksanakan. Hal ini untuk menunjang kesiapan siswa, sekaligus meminimalisir kesalahan input data peserta ketika mengikuti kegiatan USBK nantinya. Namun demikian, pihaknya tidak bisa secara langsung membijaki agenda tersebut. Karena, USBK diserahkan secara penuh kepada sekolah pelaksana.

“Ini teknisnya beda dengan UNBK, yang langsung diarahkan oleh pusat. Kalau USBK ini, kegiatannya diserahkan ke sekolah. Termasuk untuk pengambilan kebijakan kelulusan siswa nanti yang tidak ada lagi campur tangan pusat,” sambung Sarjono.

Sumber: