Kurikulum Prototipe Mulai Diterapkan di 2 SMK

Kurikulum Prototipe Mulai Diterapkan di 2 SMK

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Plt. Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbud & Ristek RI Supriyatno MA mengatakan kurikulum prototipe yang dicanangkan Kemendikbud-Ristek mulai diterapkan di SMK yang ada di dua kabupaten. Yakni SMK di Rejang Lebong dan Bengkulu Selatan.

Kurikulum Prototipe 2022 diyakini mampu membantu sekolah mengatasi dampak kehilangan pembelajaran (learning loss) akibat tidak optimalnya pembelajaran selama dua tahun terakhir. “Tahun ini kurikulum baru diterapkan di dua kabupaten, kedepan targetnya ada 3 kabupaten/kota lainnya,” ujar Supriyatno usai memberikan Sosialisisi Kurikulum Baru di Kota Bengkulu, Senin (17/1).

Supriyatno mengharapkan satuan pendidikan mulai melakukan penyesuaian kurikulum baru. Kurikulum prototipe adalah salah satu upaya dalam melakukan perbaikan pembelajaran.

"Karena kita harus mengejar ketertinggalan selama 2 tahun ini. Dalam kurikulum ini sendiri ada penyederhanaan yang diakukan tehadap mata pelajaran,” terangnya.

Terpisah, Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati menyebut penyederhaan yang dimaksud tidak menghilangkan esensial sebuah pengetahuan bagi peserta didik pada satuan pendidikan. "Konsep penyederhanaannya bukan berarti menghilangkan, tetapi menggabungkan ilmu pengetahuan,” beber Dewi. (cia)

Sumber: