Soal Ujian Paket Dibuat Lembaga

Soal Ujian Paket Dibuat Lembaga

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Berbeda dengan halnya kegiatan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Kali ini proses pembuatan soal ujian Pendidikan Kesetaraan (Paket) A, B dan C akan diserahkan secara penuh ke lembaga. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (Diklus) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS, Idisuan, S.Ag.

“Baik untuk peserta paket PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyrakat) atau Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pendidikan Non Formal (PNF). Mereka hanya melewati proses ujian sekolah saja, dan soalnya langsung dibuat oleh lembaga,” ujarnya.

Idisuan menambahkan, proses US nanti akan dilaksanakan secara manual atau tertulis jika perangkat pendukung ujian seperti komputer dan jaringan internet tidak berjalan maksimal. Kemudian, dari hasil nilai ujian itu akan dikalkulasikan dengan nilai praktek peserta didik untuk dikemas menjadi nilai ijazah. “Dalam pelaksanaannya memang ada dua opsi. Kalau memungkinkan digelar online maka akan dilaksanakan. Jika tidak, maka prosesnya boleh tidak online atau manual,” terangnya.

Sedangkan untuk jumlah total peserta yang akan mengikuti ujian tersebut. Idisuan mengaku saat ini masih dalam tahap rekapitulasi, sebab masih ada pihak lembaga PKBM yang belum menyerahkan daftar nama peserta ujian sekolah. “Dalam minggu ini insya allah data peserta ujiannya akan selesai. Data tersebut akan menjadi acuan kami untuk usulan penerbitan ijazah nantinya,” paparnya.

Untuk jadwal, Idisuan menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan US tetap sama dengan jadwal pada sekolah formal yakni tanggal 29 Maret mendatang. Selama kegiatan ujian, peserta didik tetap mengedepankan prokes ketat, agar terhindar dari bahaya virus corona. “Mudah-mudahan pada awal Februari mendatang, data nominasi peserta ujian sudah kelar,” tuntas Idisuan. (rzn)

Sumber: