Program RTLH Tahun Ini Kemungkinan Batal

Program RTLH Tahun Ini Kemungkinan Batal

RASELNEWS.COM, SELUMA - Dinas Perkim Seluma belum menerima konfirmasi dari Dirjen Perumahan Rakyat Kementrian PUPR soal bantuan rehab perumahan bagi rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Seluma tahun 2022. Kemungkinan program RTLH tersebut batal.

Namun, yang menjadi kendala saat ini, dari informasi sementara bahwa anggaran pengentasan RTLH tidak tercantum dalam APBN Tahun 2022 ini. Kepala Dinas Perkim Kabupaten Seluma, Erlan Suadi, SP, M.AP mengatakan jika tidak dialokasikan maka jelas ribuan jumlah RTLH di Seluma saat ini tidak akan berkurang.

"Untuk tahun 2022 ini belum jelas. Padahal data jumlah RTLH serta dokumentasi sudah kami sampaikan. Bahkan dapat informasi sementara anggaran untuk pengentasan RTLH tidak masuk dalam APBN," tegas Erlan.

Menurutnya, di Kabupaten Seluma masih terdapat 8000 unit RTLH yang perlu dientaskan. Ini dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Dinas Perkim Kabupaten Seluma. Sehingga sangat diharapkannya program RTLH tersebut terealisasikan. "Jumlah RTLH sampai saat ini masih 8000 lebih. Ini yang harus segera direhab," ujarnya.

Sementara itu di tahun 2021 ini total RTLH yang sudah diberikan bantuan sebanyak 283 unit. Selain dari DAK bidang perumahan, juga dari Dana Satker, kemudian juga dari Baznas sebanyak 29 unit, serta dari dana APBD Kabupaten Seluma tahun 2021 ini. (rwf)

Sumber: