MTQ Provinsi Bengkulu Digelar di 9 Lokasi

MTQ Provinsi Bengkulu Digelar di 9 Lokasi

RASELNEWS.COM, KAUR - Selaku tuang rumah pelaksanaan Musobaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXXV Tingkat Provinsi Bengkulu. Kabupaten Kaur terus mematangkan segala persiapan guna mensukseskan kegiatan tersebut. MTQ Provinsi Bengkulu dijadwalkan digelar 23 Mei 2022 mendatang yang nantinya ada sembilan lokasi yang dijadikan tempat perlombaan

“Sebagai tuan rumah kota telah menyiapkan 9 lokasi tempat perlombaan, lokasi ini semuanya sudah kita cek dan lokasinya memungkinkan,” kata Kabag Kesra Setda Kaur Agus Supianto, S.Pd.I usai menggelar rapat monitoring dan evaluasi persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Bengkulu di aula lantai tiga Pemda Kaur, Kamis (20/1).

Dikatakannya, 9 lokasi yang akan dugunakan untuk lomba itu yakni lokasi utama Lapangan Merdeka Kota Bintuhan dengan cabang lomba, golongan remaja, dewasa, qira’at Al,Quran Mujawwad dewasa dan remaja, lokasi kedua masjid Islami Center Padang Kempas dengan cabang lomba Tartil anak dan tartil cacat netra.

Sementara lokasi ketiga yakni Masjid Jamik Asy Syaakirin Bintuhan, dengan cabang lomba golongan 1 5 dan 10 Jus Tilawah. Lokasi kempat Masjid Asyuhada Suka Bandung dengan cabang lomba hafalan alquran, golongan 20,30 jus dan cabang tafsir Al’Quraan golongan bahasa arab, Indonesia dan Inggris.

MAN 1 Kaur sebagai lokasi kelima untuk cabang lomba Famil Qur;an, lokasi keenam MTsN 1 Kaur dengan cabang lomba seni kaligrafi Al,Quran, lokasi ketujuh dengan cabang lomba karya tulis ilmiah Al,Qur’an dan lokasi kedelapan gedung serba guna Pemda Kaur dengan Cabang Lomba syahril qur,an. Sementara terakhir lokasi Masjid Nurl Ikhsan dengan cabang lomba lomba hadist.

“Kita disini selain menyiapkan lokasi perlombaan juga menyiapkan hotel-hotel untuk para peserta lomba, dan hasil survei kita ada delapan hotel yang layak dan siap digunakan. Jika memang nanti hotel ini tidak bisa menampung peserta lagi kita akan siapkan rumah singgah,” terangnya.

Sementara itu, Sekda Kaur Dr. Drs Ersan Safiri MM menyampaikan, selaku tuan rumah pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan aman dan lancar. Ia dalam rapat tersebut juga membahas terkait tugas para OPD dan sektor lainnya, dalam mensukseskan perlombaan MTQ ini.

Sebab momentum ini tidak hanya sebuah perlombaan yang akan menjadi pengalaman historis saja, melainkan menjadi ajang yang dimanfaatkan sebagai promosi wisata dan juga UMKM Kaur dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian Kabupaten Kaur. “Terkait dengan kesiapan ini dari kami telah melakukan beberapa langkah-langkah yang pertama titik lomba. Juga kita pastikan lomba ini mematuhi Prokes Covid-19 dan launching MTQ ini kita akan gelar bulan Februari. Harapan kita MTQ dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kaur,” tutupnya.(jul)

Sumber: