Perda Jangan Hanya Jadi Pajangan

Perda Jangan Hanya Jadi Pajangan

RASELNEWS.COM, SELUMA - Ketua Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Seluma, Tenno Heika, S.Sos mengatakan seluruh perda jangan hanya dijadikan pajangan atau dijadikan hiasan  oleh eksekutif. Pasalnya semua perda yang sudah disahkan harus sampai ke tangan masyarakat.

Perlu sosialisasi maksimal oleh Pemkab Seluma hingga ke kecamatan, desa, dan kelurahan. Sosialisasi harus dilakukan oleh semua instansi pemerintahan.

"Jangan hanya menjadi tumpukan kertas yang tidak berguna atau hanya jadi hiasan. Jadi kami minta agar seluruh perda yang sudah disahkan dicetak. Kemudian disosialisasikan kepada masyarakat. OPD yang bersangkutan juga harus mengoptimalkan sosialisasi sampai ke bawah," tegas Tenno

Lebih lanjut, Tenno mengatakan jika sosialisasi dilakukan secara maksimal. Maka diharapkan masyarakat bisa mematuhi perda yang sudah diundangkan. Karena perda merupakan salah satu peraturan daerah yang harus ditaati oleh semua masyarakat. Sehingga perda jangan hanya jadi pajangan. "Jangan sampai saat akan dilakukan operasi penegakan perda, masyarakat justru mengaku tidak mengetahuinya," ujarnya.

Jika anggaran memungkinkan, Tenno meminta seluruh perda dicetak menjadi buku kemudian didistribusikan. “Jadi bisa dipajang di setiap kantor desa dan kelurahan untuk dapat dibaca dan dipahami oleh masyarakat,” pungkas Tenno. (rwf)

Sumber: