Khatam Alquran Setiap Bulan

Khatam Alquran Setiap Bulan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Taman Pendidikan Quran (TPQ) Ash-Shobirin Desa Gindo Suli Kecamatan Bunga Mas mampu khatam Alquran setiap bulan.

Kegiatan digelar di TPQ setempat dan diikuti oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat, biasanya dilakukan dengan pemotongan nasi jambar.

Pembina TPQ Ash-Shobirin, Fitrul Aidi, S.Pd mengungkapkan rutinitas khatam Alquran sudah lama dilaksanakan. Khatam Alquran ini juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan silaturahmi antar santri.

“Baik santri lansia ataupun santri remaja, tetap kami giatkan khatam Alquran secara serentak. Alhamdulillah kegiatan rutin ini disambut antusias para santri,” ujarnya.

Dijelaskan Fitrul, kegiatan khatam Alquran juga untuk memudahkan mengecek perkembangan bacaan Alquran masing-masing santri. Bagi yang belum terlalu pas bacaan dan tajwidnya, maka di pertemuan akan datang lebih diperdalam lagi.

“Untuk santri pemula, target kami memang belum kepada kemampuan tilawah Alquran. Mereka lebih dulu diberikan pemahaman untuk bisa membaca ayat Alquran secara tepat, dan disertai dengan tajwidnya. Artinya, pendidikan Alquran ini diterapkan secara berjenjang,” kata Fitrul.

Kedepan kegiatan tersebut bakal terus digiatkan, bahwa pihak TPQ Ash-Shobirin berencana untuk menggelar khatam Alquran akbar bersama dengan santri dari TPQ lainnya. Sehingga, suasana pendidikan Alquran lebih nyaman, dan para santri lebih termotivasi untuk belajar.

“Karena pendidikan Alquran itu penting sekali ditanamkan sejak dini. Mudah-mudahan saja, kedepan para santri ini menjadi generasi taat agama dan berakhlak mulia,” pungkas Fitrul. (rzn)

Sumber: